get app
inews
Aa Read Next : PLN Indonesia Power UBP Jateng 2 Adipala Gelar Simulasi ISPS Code

Daftar Lengkap Candi di Jawa Tengah, Warisan Peradaban Indonesia yang Dikagumi Dunia

Senin, 08 Mei 2023 | 18:56 WIB
header img
Daftar Lengkap Candi di Jawa Tengah, Warisan Peradaban Indonesia yang Dikagumi Dunia. Foto: Dok iNews.id

4. Candi Ngawen 

Candi Ngawen merupakan candi Buddha yang ada di desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini diperkirakan dibangun oleh wangsa Sailendra di abad ke-8 zaman Kerajaan Mataram Kuno.

5. Candi Asu

Disebut Candi Asu (Jawa) karena dahulu di dekat candi tersebut terdapat banyak anjing. Candi Asu merupakan candi Hindu yang terletak di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

6. Candi Lumbung

Candi Lumbung (Sengi) adalah candi Hindu yang terletak di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

7. Teluk Pendem

Nama pendem sendiri merupakan nama baru yang diberikan penduduk setempat karena terpendam di bawah sawah. Candi Pendem adalah candi Hindu yang berada di Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

8. Candi Gunung Wukir 

Candi ini berada di atas Bukit Wukir, yang oleh masyarakat sekitar disebut Gunung Wukir, di lereng barat Gunung Merapi. Candi Gunung Wukir ada di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang dan merupakan candi Hindu.

9. Candi Selogriyo 

Candi Hindu ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 M, pada masa Kerajaan Mataram Kuna. Candi Selogriyo terletak di Desa Candisari Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

10. Candi Losari

Dari situs ini baru ditemukan satu bangunan candi yang masih utuh, terpendam di dalam lahar dari Gunung Merapi. Candi Losari terletak di Dusun Losari, Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang dan merupakan candi Hindu

11. Candi Gunungsari

Candi Gunungsari terletak di Dusun Gunungsari, Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang dan merupakan candi Hindu

12. Candi Umbul

Jika menilik sejarah perkembangan Kerajaan Mataram Kuno, kemungkinan besar candi ini dibangun oleh Dinasti Sanjaya yang beragama Hindhu. Candi Umbul dibangun sejak zaman Wangsa Syailendra di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Magelang.

13. Candi Bubrah 

Candi Bubrah adalah salah satu candi Buddha yang berada di dalam kompleks Taman Wisata Candi Prambanan.

14. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang terletak di kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman (Yogyakarta) dan kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

15. Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul

Candi ini adalah candi Hindu yang dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang. Candi Plaosan Lor terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut