get app
inews
Aa Read Next : PLN Indonesia Power UBP Jateng 2 Adipala Gelar Simulasi ISPS Code

Daftar Lengkap Candi di Jawa Tengah, Warisan Peradaban Indonesia yang Dikagumi Dunia

Senin, 08 Mei 2023 | 18:56 WIB
header img
Daftar Lengkap Candi di Jawa Tengah, Warisan Peradaban Indonesia yang Dikagumi Dunia. Foto: Dok iNews.id

16. Candi Sewu 

Candi Sewu atau Manjusrighra adalah candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8. Candi ini berada di Dukuh Bener, Bugisan, Prambanan, Kabupaten Klaten.

17. Candi Lumbung

Candi Lumbung adalah salah satu kompleks percandian Buddha. Candi ini telah masuk ke wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

18. Candi Sojiwan

Candi Sojiwan adalah sebuah candi Buddha yang kurang lebih dibangun antara tahun 842 dan 850 Masehi. Candi ini berada di desa Kebon Dalem Kidul, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten.

19. Candi Karangnongko

Candi Karangnongko merupakan candi Hindu yang berada di tengah areal persawahan di Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten.

20. Candi Merak 

Candi Merak didirikan sekitar abad ke 9-10, yaitu pada zaman Kerajaan Mataram Kuna. Candi Merakberada di kompleks percandian di Dukuh Candi, Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten dan merupakan candi Hindu.

21. Situs Kunden

Situs Kunden terletak di Dusun Kunden, Desa Sumberejo, Klaten Selatan dan merupakan candi Hindu.

22. Candi Sukuh 

Candi ini merupakan candi Hindu karena ditemukannya obyek pujaan lingga dan yoni. Candi Sukuh adalah sebuah kompleks candi agama Hindu yang terletak di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

23. Candi Cetho 

Candi Ceto bercorak agama Hindu dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit atau pada abad ke-15 Masehi. Candi ini berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

24. Candi Kethek

Candi Kethek merupakan candi Hundu yang berada di wilayah Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Penamaan candi diberikan oleh penduduk setempat karena dahulu ada banyak ditemukan kera di daerah ini.

25. Candi Plangatan 

Candi Plangatan adalah sebuah kompleks candi agama Hindu yang terletak di wilayah Dusun Tambak, Desa Planggatan, Kabupaten Karanganyar.

26. Candi Menggung

Candi ini terletak di Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

27. Candi Dukuh 

Candi Dukuh atau Candi Brawijaya merupakan hasil artefak dari reruntuhan sebuah candi Hindu di tepi Rawapening Ambarawa. Candi Dukuh berada Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

28. Candi Gedongsongo 

Candi Gedong Songo adalah sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut