get app
inews
Aa Read Next : PLN Indonesia Power UBP Jateng 2 Adipala Gelar Simulasi ISPS Code

Daftar Lengkap Candi di Jawa Tengah, Warisan Peradaban Indonesia yang Dikagumi Dunia

Senin, 08 Mei 2023 | 18:56 WIB
header img
Daftar Lengkap Candi di Jawa Tengah, Warisan Peradaban Indonesia yang Dikagumi Dunia. Foto: Dok iNews.id

29. Candi Klero

Candi ini merupakan peninggalan umat hindu, ini bisa dibuktikan dengan adanya alat upacara berupa Yoni dan Arca Siwa. Candi Klero disebut juga candi Tengaran berada di dusun Ngentak, Desa Klero, Kecamatan Tengaran, Semarang.

30. Candi Ngempon

Candi Ngempon terdiri atas sembilan candi, namun hanya empat saja yang telah direkonstruksi atau dibangun. Candi Ngempon atau Candi Muncul adalah salah satu dari candi Hindu yang berada di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

31. Candi Arjuna

Di kompleks ini juga terdapat Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Arjuna, dan Candi Sembadra. Candi Arjuna adalah sebuah bangunan candi Hindu yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

32. Candi Puntadewa

Di Dataran tinggi Dieng ini terdapat Candi Puntadewa, Candi Gatotkaca, Candi Setyaki, Candi Bima, Candi Dwarawati. Candi di dataran tinggi Dieng ini merupakan candi Hindu yang terletak di Kabupaten Banjarnegara.

33. Candi Bogang

Candi Bogang merupakan bukti penyebaran Budha oleh Wangsa Sailendra di daerah Wonosobo, yang terjadi pada 790 Masehi. Candi Bogang terletak di Kelurahan Selomerto, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo.

34. Candi Pringapus

Arca-arca berartistik Hindu yang erat kaitanya dengan Dewa Siwa menandakan bahwa Candi Pringapus bersifat Hindu. Candi Pringapus berada di desa Pringapus, Ngadirejo, Temanggung.

35. Candi Gondosuli 

Candi Gondosuli diperkirakan dibangun Rakai Patapan. Ia merupakan salah seorang anak dari sanjaya, raja pertama Mataram Hindu. Rakai Patakan sendiri merupakan raja ke-5. Candi ini berada di Desa Gondosuli, Kecamatan Bulu, Temanggung, Kabupaten Temanggung.

36. Candi Liyangan

Situs tersebut bukan merupakan candi besar tetapi sebuah perdusunan Mataram Kuno. Candi Liyangan berada di Dusun Liyangan, Desa Purbasari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung.

Itulah candi di Jawa Tengah yang perlu diketahui, sebab candi-candi ini tidak hanya penting dari nilai sejarah dan budayanya, tetapi juga karena keindahan arsitekturalnya. Candi di Jawa Tengah terus menarik wisatawan dari seluruh dunia untuk datang karena kemegahannya serta kekayaan sejarahnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut