get app
inews
Aa Read Next : Reuni Akbar UIN SAIZU Hadirkan Padi Reborn dan Job Fair

Kebun Melon Mayangsari di Purwokerto, Rangkul Petani Milenial Lewat Karsadia Farm

Kamis, 22 Juni 2023 | 14:37 WIB
header img
Kebun Melon Mayangsari di Purwokerto, Rangkul Petani Milenial Lewat Karsadia Farm. Foto: Dok Instagram/ @mayangsari_official

Green house kebun melon Mayangsari di Karsadia Farm sendiri merupakan bagian dari Karsadia Culture Space yang dikelola seluruhnya oleh keponakannya. Termasuk soal pengembangan bisnis melon ini kedepannya.

"Sekarang nahkoda ada di tangan belakang saya ini (keponakannya), dan saya pikir mereka lebih maju pemikirannya dibanding saya. Kerena mereka lebih paham dengan era digital seperti sekarang ini, yang namanya mengembangkan sebuah bisnis seperti apa. Jadi saya ibaratnya orang yang dituakan, ya jadi penasehat mereka saja," jelasnya.

Selain itu, dengan adanya konsep lahan pertanian melalui green house melon ini, Mayangsari juga mengajak para pemuda agar tertarik untuk bisa menekuni profesi sebagai petani milenial, sebab menjadi petani itu keren. 

Mayangsari juga ingin mengubah mindset anak-anak muda agar mau menjadi petani. Ia mencontohkan jika pertanian di luar negeri bisa maju dan hebat karena dijalankan oleh anak-anak muda.

"Ini langkah kecil saya memulai untuk membuat Karsadia Farm, mengedukasi kepada anak-anak muda bahwa untuk menjadi petani bisa banget jadi keren, bisa banget jadi pinter dan bisa banget jadi kaya," ucapnya.

Menurut Founder Karsadia Culture Space, Setiawan Adi Nugroho menjelaskan jika kebun melon Mayangsari yang dikelola Karsadia Farm hanya fokus pada dua jenis, yakni jenis Inthanon dan jenis Golden Aroma. Yang menarik dari melon yang dikelola Karsadia Farm ini ditanam dengan sistem hidroponik menggunakan metode green house, serta dikelola oleh para anak-anak muda dari wilayah Purwokerto dan Malaysia.

"Saya sendiri kebetulan kerjasama dengan pemuda-pemuda daerah, anak-anak Unsoed Purwokerto. Kami pun bekerjasama dengan beberapa teman-teman dari Malaysia yang notabenenya mereka sudah berhasil di luar. Jadi kita bawa ke sini, kita bangun kembali dengan melakukan eksperimen baru, itu yang menjadikan perbedaan dari melon melon yang lain, karena rasa manisnya beda," ujarnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut