get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Sepekan Mendatang

Gempa Cilacap Magnitudo 4,2, Begini Kata BMKG

Selasa, 27 Juni 2023 | 11:39 WIB
header img
Dari informasi BMKG, gempa tektonik terjadi pada Selasa (27/6/2023) jam 10.48.03 WIB. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Masyarakat Cilacap dikejutkan dengan gempa bumi. Dari informasi BMKG, gempa tektonik terjadi pada Selasa (27/6/2023) jam 10.48.03 WIB.

Gempa tersebut dirasakan masyarakat Cilacap dan sekitarnya. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.37° LS; 108.92° BT tepatnya di laut pada jarak 72 km arah baratdaya Cilacap, Jateng dengan kedalaman 32 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas pada zona subduksi,”jelas analis gempa sekaligus Kepala Stasiun Geofisika Sleman Setyoajie Prayoedhie dalam rilis tertulisnya. 

Menurutnya, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Cilacap II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hingga hari Selasa pukul 11.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock),”ujarnya.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi,”tandasnya. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut