Dihargai Rp1,3 Triliun!, Ini 5 NFT Termahal di Dunia

Tim iNews.id
.
Jum'at, 14 Januari 2022 | 20:39 WIB
NFT Doge. (Foto: Okezone.com/Screenrant)

JAKARTA, iNews.id – Bermula dari seorang pemuda bernama Sultan Gustaf Al Ghozali atau dikenal Ghozali Ghozalu yang sukses meraup keuntungan hingga Rp1,5 miliar dari penjualan foto selfie dirinya dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT). Kini NFT langsung viral, bahkan ada NTF termahal di dunia.

NFT sendiri merupakan aset digital berbasis teknologi blockchain yang sedang populer di dunia kripto. Pasalnya, nilainya bisa mencapai puluhan juta USD. Sebagian besar, NFT diperdagangkan memakai ether (ETH), koin buatan Ethereum.

Selain di dalam negeri, tren NFT juga dirasakan di global. Di mana, minat untuk membeli NFT meningkat, begitu pun spekulasi pasca pembelian.

Melansir Screenrant, Jumat (14/1/2022), berikut 5 NFT termahal di dunia:

1. The Merge: USD91,8 Juta atau Sekitar Rp1,3 Triliun (kurs Rp14.300 per USD)

Mengambil tempat nomor satu sebagai NFT termahal yang pernah dijual, ada The Merge oleh seniman digital Pak. Pak adalah nama besar lainnya di ruang NFT, setelah menciptakan beberapa karya seni paling ikonik di luar sana. Identitas artis yang sebenarnya tetap menjadi misteri total, tetapi itu tidak menghentikan mereka untuk memiliki kehadiran besar-besaran di ruang seni digital.

Dari semua NFT yang dibuat Pak, The Merge adalah yang paling kreatif. Alih-alih membuat dan menjual karya seni statis, The Merge adalah kumpulan 'massa' yang bisa dibeli orang. Semakin banyak orang menghabiskan, semakin besar 'massa' mereka. Semua massa ini disatukan di bawah kreasi yang sama, dan dengan total penjualan mencapai $91,8 juta, itu menjadikan The Merge sebagai penjualan NFT termahal sejauh satu mil.

2. The First 5000 Days: USD69 Juta atau Sekitar Rp986 Miliar (kurs Rp14.300 per USD)

Dalam lelang seni digital pertamanya, rumah lelang Christie's menjual kompilasi besar karya seni Beeple dengan jumlah memecahkan rekor sebesar 69 juta. Beeple telah membuat karya seni setiap hari sejak Mei 2007, tidak ada satu hari pun yang terlewat.

Karya seni ini dijuluki sebagai Everydays bervariasi dalam hal gaya, medium, dan konten dan sering kali bergantung pada pengaturan dystopian atau satir. Menurut Artnet, Beeple kebetulan menjadi "artis hidup termahal ketiga" dalam hal harga lelang, mengikuti orang-orang seperti Jeff Koons dan David Hockney.

3. Human One: USD28,9 Juta atau Sekitar Rp413 Miliar (kurs Rp14.300 per USD)

Ini adalah NFT lain dari Beeple, dan meskipun ini bukan ciptaan artis yang paling mahal, ini mungkin saja yang paling unik. Tidak seperti kebanyakan NFT yang eksklusif digital, Human One adalah desain hybrid yang juga menggabungkan elemen fisik. Ini adalah patung seukuran manusia yang terbuat dari aluminium yang dipoles, kayu mahoni, dan empat layar video yang menciptakan resolusi total gabungan 16K.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini