get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Keperawatan UMP Lolos Program MBKM Internship Jepang

Lima Siswa Indonesia Raih Prestasi di Ajang Olimpiade Fisika Internasional 2023

Rabu, 19 Juli 2023 | 19:37 WIB
header img
Lima siswa Indonesia berhasil menorehkan prestasi dalam ajang Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) ke-53 di Tokyo, Jepang. Foto: Dok Kemendikbudristek

TANGERANG, iNewsPurwokerto.id – Tim Olimpiade Fisika Indonesia yang terdiri dari lima siswa Indonesia berhasil menorehkan prestasi dalam ajang Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) ke-53 di Tokyo, Jepang pada 10-17 Juli 2023 lalu. Lima siswa yang bersaing dengan 394 peserta dari 80 negara ini berhasil meraih dua medali perak, satu perunggu, dan dua Honourable Mentions. 

"Ini merupakan suatu kebanggaan untuk Indonesia. Ada siswa asal Pekanbaru yang meraih medali perak. Ini luar biasa sekali dan menjadi suatu pembangkit untuk daerah lainnya. Juga ada siswa dari Banda Aceh meraih perunggu, dan merupakan siswa pertama Banda Aceh yang pernah meraih medali di IPhO ini,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek, Hendarman, dalam keterangan tertulisnya, (19/7/2023).

Kelima siswa tersebut diantaranya adalah Savero Lukianto Chandra dari SMA Fransiskus Kota Bandar Lampung dan Fansen Candra Funata dari SMA Darma Yudha Pekanbaru yang berhasil meraih medali perak. Kemudian medali perunggu diraih oleh Muhammad Arif Khalfani Ismail dari SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh. 

Sementara untuk Honourable Mentions diraih oleh Muhammad Zaidan Naja dari MAN 2 Kota Malang dan Ahmad Nafi Ramadhan dari SMA Al Kahfi Kabupaten Bogor.

Hendarman berharap agar kedepannya Pusat Prestasi Nasional bisa lebih mendapatkan talenta dari generasi muda lain diberbagai daerah di Indonesia. Tujuannya lebih banyak medali yang diraih dari daerah diajang internasional.

“Harapannya mudah-mudahan bisa lebih baik lagi dan bisa mendapatkan emas pada ajang internasional lainnya," ujarnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut