get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Hari Ketiga Penyelamatan 8 Penambang Emas Terjebak di Banyumas, Ini yang Dilakukan Tim SAR

Jum'at, 28 Juli 2023 | 09:26 WIB
header img
Upaya pembendungan aliran sungai oleh Tim SAR Gabungan. Diduga menjadi resapan air masuk ke tambang emas. Foto: Arbi Anugrah

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Upaya pertolongan terhadap delapan penambang emas di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas kembali dilanjutkan. Di hari ketiga pencarian ini, Tim SAR Gabungan masih akan berupaya mengurangi debit air yang masuk kedalam lubang galian hingga membuat delapan penambang terjebak di dalamnya.

Kepala Kantor SAR Cilacap selaku SAR Mission Coordinator, Adah Sudarsa mengatakan jika berdasarkan hasil evaluasi dan briefing. Rencana operasi SAR pada hari ini Jumat (28/7/2023) adalah membagi tim SAR menjadi lima titik tugas.

"Tim SAR gabungan dibagi menjadi 5 Worksite. Dengan rincian diantaranya Worksite A-1 berlokasi di Sumur Bogor. Worksite A-2 berlokasi di Sumur Dondong. Worksite A-3 berlokasi di Penyedotan Sumur I. Worksite A-4 berlokasi di Penyedotan Sumur II. Worksite A-5 berlokasi di Bendungan Sungai," kata Adah.

Lima titik tugas yang akan dilakukan oleh tim SAR gabungan ini untuk melaksanakan penyedotan air menggunakan submersible yang lebih besar dari sebelumnya. "Selain itu menutup titik-titik lokasi yang dicurigai adanya kebocoran menuju lubang galian," jelasnya.

Pihaknya juga masih akan berkoordinasi dengan ESDM Provinsi Jawa Tengah untuk kembali menurunkan kamera hole ke lokasi lubang galian tambang emas tersebut. Hal ini untuk memastikan debit penambahan air guna menghitung lama kerja.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut