get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga

Ikhlas Lahir Batin, Raja Majapahit Ucapkan Kalimah Syahadat Dengan Dibimbing Sunan Kalijaga

Minggu, 16 Januari 2022 | 19:16 WIB
header img
Sunan Kalijaga (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Berbagai cara telah dilakukan oleh sejumlah kalangan ulama maupun keluarga Raja Majapahit Prabu Brawijaya V alias Prabu Dyah Kertabhumi memeluk Islam selalu gagal. Bagaimana tidak, keingin anak Raja Brawijaya V dari selir Dewi Kian, Pangeran Jimbun alias Raden Patah yang menginkan sang Prabu Brawijaya V agar memeluk agama Islam tapi gagal. 

Namun, Raden Patah tak kehabisan akal, kebetulan dia, memiliki penasihat di Keraton Demak Bintoro yaitu Sunan Kalijaga yang memiliki karomah luar biasa sehingga dapat diandalkan dalam memberikan pencerahan mengenai Agama Islam kepada Brawijaya V.

Kebetulan Sunan Kalijaga adalah menantu Sunan Ampel karena menikahi Dewi Khafshah, putri Sunan Ampel dengan Dewi Chandrawati. Dengan Demikian Sunan Kalijaga juga masih cucu Sang Prabu Brawijaya V. Lalu diutuslah Sunan Kalijaga ke tempat pesanggrahan Prabu Brawijaya V di Gunung Lawu yang terkenal angker dan banyak dihuni makhluk halus tersebut.

Dalam Serat Darmoghandhul disebutkan, Sunan Kalijaga ketika berdakwah menggunakan bahasa yang penuh metafora, simbolis atau pelambang kepada Prabu Brawijaya V, yakni dengan mengonteksualkan syariat, tarekat, hakikat, makrifat dengan persenggamaan antara suami istri.

Hal ini bukan dimaksudkan menghina agama Islam, tetapi hanya dimaksudkan sebagai siasat agar Sang Prabu Brawijaya V berkenan mengucapkan dua kalimah syahadat. Karena prinsip utama dalam rukun Islam adalah syahadat.

Selain itu, karena karomah Sunan Kalijaga kedua penasihat Brawijaya V, Sabda Palon dan Naya Genggong yang terkenal sakti mandraguna dan dapat menggerakan prajurit siluman menjadi tidak berdaya dihadapan Sunan Kalijaga.

Kemudian Prabu Brawijaya V mengisyarakatkan keinginannya untuk menjadi pemeluk Islam kepada Sunan Kalijaga.

"Ngger Kalijaga, sebelum aku memeluk Agama Islam, tolonglah potong rambutku ini, " kata Brawijaya kepada Sunan Kalijaga seperti dikutip dalam buku "Brawijaya Moksa, Detik-Detik Akhir Perjalanan Hidup Prabu Majapahit, Wawan Susetya".

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut