get app
inews
Aa Read Next : Gendong Ibu Naik Haji, Ini Kisah Uwais Al Qarni Pemuda Penghuni Langit

Fakta-fakta Socotra, Pulau Alien yang Banyak Misteri dan Keanehan

Senin, 17 Januari 2022 | 05:05 WIB
header img
Pulau Socotra yang terletak di di Samudera Hindia antara Somalia dan Yaman menyimpan misteri dan keanehan. 

SOCOTRA, iNews.id - Pulau Socotra yang terletak di di Samudera Hindia antara Somalia dan Yaman menyimpan misteri dan keanehan. 

Socotra juga dijuluki sebagai pulau alien. Bahkan ada yang menyebut sebagai tempatnya alien dan persembunyian dajjal. Di pulau itulah terdapat berbagai spesies flora dan fauna yang unik dan aneh. Spesies-spesies tersebut sebagiannya tidak bisa ditemukan dimana pun di bumi, kecuali di pulau terpencil ini.

Pulau Socotra masih terjangkau oleh pesawat dan kapal laut, tapi sangat jarang dikunjungi orang. Meski demikian, pulau ini ada penghuninya. Menurut laporan ada 60 ribu manusia mendiami Socotra dengan kehidupan yang masih sangat tradisional.

Pulau Socotra memiliki banyak keunikan dan hal-hal menarik untuk diketahui. MNC Portal Indonesia merangkum dari berbagai sumber terkait fakta-fakta menarik pulau ini. Berikut fakta-faktanya.

1. Pulau Bersejarah

Socotra diambil dari bahasa Sansekerta, Sukhadhara Dvipa, yang berarti Pulau Kebahagiaan. Sekitar abad ke 10, ahli geografi Arab bernama Abu Muhammad Al-Hassan Al-Hamdani menyatakan bahwa pada masanya, penduduk Socotra mayoritas adalah pemeluk agama Kristen. Mereka kerap kali menjalani ritual sihir kuno. 

Di tahun 1500-an, kapal Portugis berlabuh di pulau ini untuk menghentikan perdagangan Arab dari Laut Merah ke Samudera Hindia dan menghapuskan aturan-aturan Islam dalam perdagangan. Invasi tersebut ditentang oleh penduduk lokal. Lalu pada 1511, Pulau ini dikuasai oleh Kesultanan Mahra.

Pulau Socotra baru resmi menjadi bagian dari negara Republik Yaman pada 30 November 1967. Sementara itu, pembangunan baru baerkembang di Socotra pada tahun 1999 dengan ditandai hadirnya bandara serta jalanan beraspal.

2. Pulau Terpencil yang Dilindungi

Jika dilihat dari Bahasa Arab, Socotra dari kata Suquthra memiliki arti kepulauan kecil. Luas pulau ini hanya 3.796 kilometer persegi dan berlokasi di selatan Jazirah Arab serta Timur dari Tanduk Afrika.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut