get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Tewaskan 8 Penambang, Bedeng-bedeng Tambang Emas Ilegal di Banyumas Dibongkar

Selasa, 08 Agustus 2023 | 12:09 WIB
header img
Tewaskan 8 Penambang, Bedeng-bedeng Tambang Emas Ilegal di Banyumas Dibongkar. Foto: Arbi Anugrah

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Puluhan bedeng-bedeng tambang emas ilegal di Desa Pancuredang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas dibongkar oleh para penambang, Selasa (8/8/2023). Pembongkaran bedeng-bedeng tambang emas ini sebagai tindak lanjut atas penutupan aktivitas pertambangan ilegal yang menyebabkan delapan penambang tewas terjebak beberapa waktu lalu.

Kepala Dusun Tajur, Desa Pancuredang Karipto mengatakan jika pembongkaran bedeng-bedeng atau rumah tempat penambangan emas ilegal di desa tersebut dibongkar sendiri oleh para penambang atas usulan dari Pemerintah Desa Pancuredang. Pembongkaran tambang rakyat ini oleh para penambang ini diperbolehkan pemerintah Kabupaten Banyumas untuk menghindari hilangnya barang-barang yang masih dapat dimanfaatkan.


Tewaskan 8 Penambang, Bedeng-bedeng Tambang Emas Ilegal di Banyumas Dibongkar. Foto: Arbi Anugrah

 

"Pembongkaran dipertambangan rakyat ini diperbolehkan oleh masyarakat untuk menghindari barang-barang yang sekiranya masih bisa dimanfaatkan. Awalnya itu ingin dibongkar oleh pemerintah melalui pihak Satpol PP Kabupaten, jadi ini langsung masyarakat itu sendiri yang membongkar," kata Karipto di lokasi pertambangan Desa Pancuredang.

Berdasarkan pantauan, para penambang sibuk silih berganti membawa karung-karung berisikan hasil tambang emas yang belum di olah. Menggunakan sepeda motor yang telah dimodifikasi, mereka membawa tumpukan karung tersebut keluar dari area tambang emas tersebut.


Para penambang sibuk silih berganti membawa karung-karung berisikan hasil tambang emas yang belum di olah. Foto: Arbi Anugrah

 

Sementara sebagian penambang lainnya, sibuk membongkar puluhan bedeng-bedeng semi permanen dan menutup lubang-lubang tambang yang ada di dalam bedeng tersebut. Kayu-kayu hasil pembongkaran bedengan-bedeng tersebut juga dikumpulkan di sekitar lokasi tambang. Sedangkan sejumlah petugas Kepolisian, TNI, Satpol PP berjaga disekitar lokasi pembongkaran.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut