get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini Capres Ganjar Pranowo Sambangi Banyumas dan Cilacap

Ganjar Luncurkan Uji Coba Kapal Nelayan Bertenaga Listrik, Nelayan Sambut Baik 

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 15:51 WIB
header img
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bersama manajemen PLN, meluncurkan percobaan teknologi Kapal Nelayan Bertenaga Listrik di Pantai Teluk Penyu Cilacap. (Foto: iNewsPurwokerto)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bersama manajemen PLN, meluncurkan percobaan teknologi Kapal Nelayan Bertenaga Listrik di Pantai Teluk Penyu Cilacap pada Jumat (11/8/2023). Inovasi yang diklaim sangat efisien ini mampu menggantikan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan penghematan sekitar 70 persen.

Mesin Kapal yang Dikonversi dari BBM ke Listrik, termasuk perangkat pengendali dan baterai untuk nelayan di Kabupaten Cilacap, merupakan hasil kerjasama antara PLN Group dengan tujuan memperkenalkan Konsep Pelayaran Listrik sekaligus sebagai bukti nyata komitmen BUMN terhadap negara dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78.

Bantuan pemberian Mesin Motor yang Dikonversi dari BBM ke Listrik ini memiliki nilai total sebesar Rp981 juta dari PLN Group dan tambahan bantuan senilai Rp434 juta dari PT. Sumber Segara Primadaya (S2P). Selain kapal listrik, terdapat juga sumbangan Premi Asuransi bagi 800 nelayan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta Premi Asuransi bagi 10.000 nelayan dan 18 Unit perahu dari Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyambut baik langkah inovatif dari PLN Group. Menurutnya, Kapal Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) ini memiliki potensi sebagai solusi di masa depan, terutama untuk mendukung rencana pemerintah mencapai Emisi Nol Netral (NZE) pada tahun 2060. Mengingat kapal bermesin BBM merupakan salah satu penyumbang besar emisi karbon.

"Kebutuhan bahan bakar utamanya hanya 1/10 dari BBM ketika menggunakan listrik. Kami sudah dapat memulai transisi energi dengan membangun ekosistemnya saat ini, tentunya dengan dukungan semua pihak,”katanya.

Di tempat yang sama, General Manajer PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi, mengajak Gubernur Jawa Tengah, Bupati Cilacap, dan para pemangku kepentingan untuk menyaksikan demonstrasi Kapal Nelayan Bertenaga Listrik (KBLBB) serta ikut merasakan pelayaran uji coba kapal listrik tersebut di Pantai Teluk Penyu, Cilacap.

Soffin menjelaskan bahwa program bernama "Electric Vehicle Marine (EV Marine)" ini tidak hanya sebagai upacara formal semata. Di masa depan, PLN akan mengembangkan ekosistem besar yang mendukung kendaraan laut berbasis listrik. Program EV Marine ini tidak hanya akan melibatkan kapal nelayan saja, tetapi juga kapal-kapal yang digunakan untuk transportasi dan pariwisata.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut