get app
inews
Aa Read Next : Kenaikan UKT yang Menjulang di Unsoed, Ratusan Mahasiswa Geruduk Rektorat dan Sempat Memanas

Keren, Limbah Kulit Durian Disulap Jadi Obat Kumur Kurangi Bau Mulut dan Plak Gigi

Senin, 28 Agustus 2023 | 08:50 WIB
header img
Tim inovasi Unsoed yang ciptakan obat kumur dari limbah durian. (Foto: Unsoed)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Ada inovasi keren dari mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Karya inovatif itu adalah menciptakan tablet kumur yang terbuat dari limbah kulit durian. Lalu manfaatnya untuk apa? 

“Manfaatnya adalah untuk mengurangi mengurangi plak gigi dan bau mulut,”kata Siti Mafingah, mahasiswi jurusan Kesehatan Masyarakat Unsoed.

Siti bersama empat anggota tim lainnya, yaitu Ridha Aisya Zahra, Fatmah Trilatifah, dan Rafi Ashza Sejati dari Kesehatan Masyarakat angkatan 2021, serta Musyarifah dari Fisika angkatan 2021 mendaoat bimbingan dosen Indah Setiawati.

Tim tersebut telah membuat inovasi yang menarik dari bahan limbah. Siti menjelaskan bagaimana ide pembuatan tablet kumur dari limbah kulit durian muncul. “Ide ini berawal dari sisa konsumsi buah durian yang memiliki manfaat kesehatan bagi gigi dan mulut, serta memiliki potensi pasar yang luas,”jelasnya.

Apalagi di Banyumas, cukup banyak limbah kulit durian yang sebelumnya tidak terlalu bermanfaat. Padahal sesungguhnya memiliki nilai ekonomi dan bisa dimanfaatkan. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut