get app
inews
Aa Read Next : 7 Destinasi Wisata Alam yang Jadi Rekomendasi Liburan Akhir Tahun di Purwokerto

Ini 8 Wisata Alam Banyumas yang Bebas Polusi, Cocok untuk Healing

Sabtu, 02 September 2023 | 08:27 WIB
header img
Wisata alam di Banyumas. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Berkunjung ke Kota Purwokerto,Banyumas, Jawa Tengah, akan terasa belum lengkap tanpa mengunjungi berbagai destinasi wisata alam

Salah satunya adalah Baturaden, yang berjarak sekitar 18,5 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan dari Kota Purwokerto. Di Baturaden, Anda akan menemukan beragam tempat wisata alam yang menarik di kota yang terkenal dengan mendoannya ini.

Terletak di kaki Gunung Slamet, Baturaden menawarkan suasana yang sejuk dan alami, yang cocok untuk melepaskan penat setelah satu minggu bekerja. Namun, tidak hanya Baturraden saja yang eksotik, ada tempat-tempat lain yang tidak kalah indah. 

Inilah 8 destinasi wisata alam yang bisa Anda temui di Kota Purwokerto, seperti yang dirangkum oleh iNewsPurwokerto.id pada Sabtu (2/9/2023).

1. Kebun Raya Baturraden


Kebun Raya Baturraden ( Foto : Instagram/@panoramapurwokerto).
 
Kebun Raya Baturraden berlokasi di jalan menuju objek wisata Pancuran Tujuh atau Pancuran Pitu Batturaden. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitarnya, dengan hutan pinus yang rimbun dan pemandangan yang memukau, menciptakan latar yang sempurna untuk berfoto bersama keluarga.

Kebun seluas 14,4 hektar ini memiliki beragam koleksi flora yang dijaga dengan baik. Tanaman dikelompokkan berdasarkan jenisnya, seperti Taman Obat, Taman Liana, Taman Paku, Taman Flora of Java, dan lainnya. Sampai saat ini, Kebun Raya Baturaden telah mengoleksi 2215 spesimen, 722 spesies, 446 genus, dan 127 suku tanaman. Tempat ini juga cocok sebagai tempat belajar, penelitian tentang berbagai jenis tanaman, dan piknik keluarga.

2. Telaga Sunyi


Wisata telaga sunyi Baturraden (Foto: Instagram/ @telagasunyi_baturraden)
 
Sesuai dengan namanya, Telaga Sunyi terletak di daerah yang sepi, sekitar 2,8 kilometer dari Lokawisata Baturaden. Destinasi alam ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menghindar sejenak dari keramaian kota dan menikmati keindahan alam. 

Telaga ini menawarkan panorama alam yang memukau, udara pegunungan yang sejuk, dan pepohonan rindang yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Telaga Sunyi memiliki kedalaman hingga 3 meter dan airnya begitu jernih sehingga mengundang untuk berenang. 

Fasilitas seperti kamar mandi, musala, dan kamar ganti juga tersedia di sini, meskipun ada sedikit penjual makanan, jadi disarankan untuk membawa bekal dari rumah.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut