get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Purbalingga Gelar Pasar Murah Ramadhan, Mudahkan Masyarakat Peroleh Kebutuhan Pokok

Sukses Turunkan Stunting, Purbalingga Peroleh Insentif Fiskal Rp6,1 Miliar

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 08:02 WIB
header img
Pemkab Purbalingga sukses untuk menurunkan angka stunting. (Foto: Ilustrasi)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Pemkab Purbalingga sukses untuk menurunkan angka stunting. Oleh karena itu, mereka diberikan insentif fiskal sebesar Rp. 6.186.796.000 oleh Pemerintah Pusat.

"Alhamdulillah, upaya keras kami dalam mengurangi stunting mendapatkan penghargaan berupa insentif yang akan meningkatkan kapasitas keuangan kita," ujar Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi setelah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Penurunan Stunting di Istana Wakil Presiden, Jumat sore, (6/10/2023).

Pada acara tersebut, Kabupaten Purbalingga menjadi salah satu dari 55 kabupaten/kota yang menerima penghargaan berupa insentif fiskal karena telah berhasil menurunkan angka stunting melebihi capaian nasional.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, yang juga merupakan Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Nasional, serta didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Menurut Bupati Tiwi, prestasi ini adalah hasil kerjasama semua pihak yang memiliki tekad dan bekerja keras untuk memastikan anak-anak kita terbebas dari stunting. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemerintah kabupaten, kecamatan, hingga desa, para kader kesehatan, dan semua yang telah berkontribusi dalam upaya mengurangi stunting," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga, kata Bupati Tiwi, berkomitmen untuk terus menurunkan angka stunting dan menargetkan pada tahun 2024 angka stunting dapat mencapai 10 persen.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah yang telah menerima insentif fiskal karena berhasil menurunkan angka stunting. "Semoga hal ini bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain. Ini bukan akhir tujuan, tetapi semoga menjadi dorongan untuk memberikan kontribusi yang lebih baik," katanya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut