get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Purbalingga Gelar Pasar Murah Ramadhan, Mudahkan Masyarakat Peroleh Kebutuhan Pokok

Sukses Turunkan Stunting, Purbalingga Peroleh Insentif Fiskal Rp6,1 Miliar

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 08:02 WIB
header img
Pemkab Purbalingga sukses untuk menurunkan angka stunting. (Foto: Ilustrasi)

Wakil Presiden juga menetapkan target penurunan prevalensi stunting di tingkat nasional sebesar 14 persen pada tahun 2024. "Kita harus mencapai target ini meskipun dihadapkan dengan berbagai tantangan yang semakin berat," tambahnya.

Menurutnya, tahun mendatang adalah tahun politik, sehingga penting untuk memastikan bahwa pergantian kepemimpinan di pusat dan daerah tetap memprioritaskan penurunan stunting dalam agenda pembangunan.

Wakil Presiden juga mendorong percepatan penurunan stunting melalui berbagai kebijakan hukum, politik, sosial, budaya, dan pendekatan keagamaan.

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga, dr Jusi Febrianto, melaporkan bahwa prevalensi stunting di Purbalingga per Oktober 2023 mencapai 12,3 persen. 

"Meskipun ini sudah melebihi target nasional yang mengharapkan penurunan stunting hingga 14 persen pada 2024, kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pencapaian ini," katanya.

Jusi juga menjelaskan bahwa Pemkab Purbalingga telah melaksanakan berbagai program konkret untuk mengurangi stunting, seperti penyediaan alat antropometri sebanyak 1.067 unit agar semua posyandu memiliki alat ukur balita yang standar dan terkalibrasi. 

Selain itu, mereka juga memberikan makanan tambahan bagi balita, mengimplementasikan program 'Aksi Cegah Stunting', dan meningkatkan kapasitas kader kesehatan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut