get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Alokasikan Rp9,2 Miliar Beli 154 Ribu Lebih Zak Semen

Mupeng Kebumen, Bupati Pilih Kunjungan ke Rumah-rumah Warga

Minggu, 08 Oktober 2023 | 08:09 WIB
header img
Program Mubeng Kebumen yang diinisiasi oleh Bupati Arif Sugiyanto terus berlanjut dengan tujuan mendengarkan aspirasi masyarakat. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Program Mubeng Kebumen yang diinisiasi oleh Bupati Arif Sugiyanto terus berlanjut dengan tujuan mendengarkan aspirasi masyarakat. Berbeda dengan acara sebelumnya yang biasanya digelar di tempat terbuka, kali ini program Mubeng Kebumen lebih menitikberatkan kunjungan ke rumah-rumah warga.

Contohnya, pada acara Mubeng Kebumen yang berlangsung di kediaman Kiai Mufti di Dukuh Pesucen, Desa Wonosari, Kecamatan Kebumen pada Jumat malam (7/10/2023). Ini merupakan pelaksanaan Mubeng Kebumen yang ke-14.

Bupati menyatakan bahwa dirinya merasa lebih cocok jika acara Mubeng Kebumen dilakukan di rumah-rumah warga. Selain lebih fokus, kegiatan yang diadakan di rumah juga lebih santai, sehingga memungkinkan terjalinnya hubungan yang lebih dekat antara pemimpin daerah dan masyarakat.

"Lebih baik dilakukan di rumah warga, sambil duduk bersila, kita dapat berbicara dengan santai, membahas masalah-masalah baiknya dan perkembangan di Kebumen. Jadi menurut saya, di sini lebih santai, tidak ada jarak antara pejabat dengan rakyatnya, dan pembicaraannya juga lebih terfokus," ungkap Bupati.

Dalam dialog tersebut, beberapa warga mengemukakan berbagai isu, termasuk penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), perbaikan infrastruktur jalan, penanganan banjir saat musim hujan, dan penyaluran bantuan sosial yang dianggap tidak tepat sasaran. Selain itu, juga dibahas tentang sumbangan di bidang pendidikan yang dikelola oleh Komite Sekolah.

"Banyak hal yang dibahas. Misalnya, terkait infrastruktur, banyak masyarakat yang belum memahami status jalan. Ada jalan desa, jalan kabupaten, jalan provinsi, dan jalan nasional. Ketika ada kerusakan, kami menjelaskan kepada warga tentang wewenang perbaikannya," tambah Bupati.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut