get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswi UIN Saizu Purwokerto Masuk Nominator Duta Baca Jawa Tengah

Mahasiswa UMP Inovasi Daun Belimbing Wuluh Jadi Permen Edible Film Strip, Ini Manfaatnya!

Senin, 16 Oktober 2023 | 18:45 WIB
header img
Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil mengembangkan inovasi permen berbahan dasar ekstrak daun belimbing wuluh dan jeruk nipis. Foto: Dok UMP

Sementara menurut dosen pembimbing Tim PKM, apt. Arini Syarifah, M.Si mengatakan jika kegiatan PKM ini sendiri berlangsung sejak dari bulan Juli hingga Oktober dan dilakukan di Laboratorium Biologi Farmasi serta Laboratorium Teknologi Farmasi. Bahkan, Arini menyebut jika bahan alami yang digunakan para mahasiswa ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan.

"Ekstrak daun belimbing wuluh yang mengandung flavonoid dan minyak atsiri, bersama dengan kandungan vitamin C dari sari jeruk nipis, memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Pengolahan bahan alam ini menjadi permen edible film strip menciptakan inovasi dalam pengelolaan bahan alam menjadi produk jadi yang dapat meningkatkan ekonomi," jelas Arini.

Kesuksesan tim PKM Fakultas Farmasi UMP dalam menciptakan inovasi produk ini sendiri berpotensi meningkatkan kesehatan dan ekonomi masyarakat, serta menjadi contoh nyata dukungan Program Kreativitas Mahasiswa untuk mendorong kreativitas dan inovasi mahasiswa di Indonesia.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut