get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini Capres Ganjar Pranowo Sambangi Banyumas dan Cilacap

Begini Sosok Mahfud MD yang Jadi Bacawapres Ganjar Pranowo

Rabu, 18 Oktober 2023 | 11:43 WIB
header img
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD secara resmi telah terpilih sebagai calon wakil presiden (cawapres). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD secara resmi telah terpilih sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo. Mahfud dikenal atas rekam jejaknya yang panjang dalam dunia politik Indonesia.

Lahir di Madura pada tanggal 13 Mei 1957 dengan nama lengkap Mohammad Mahfud Mahmodin, Mahfud juga telah mencapai karier akademis yang cemerlang. Sejak Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusulkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden, Mahfud MD telah seringkali disebut-sebut sebagai cawapres yang mungkin akan mendampinginya.

Untuk lebih mengenal Mahfud MD, mari kita simak tiga fakta menarik tentangnya.

1. Rekam Jejak di Bidang Politik dan Akademis

Mahfud MD adalah seorang tokoh yang pernah menjabat di tiga cabang trias politica. Dia memiliki pengalaman dalam bidang eksekutif sebagai menteri pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Joko Widodo.

Dalam bidang yudikatif, Mahfud pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), yang merupakan puncak kekuasaan di lembaga peradilan konstitusi. Selain itu, dia juga pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada periode 2004-2009, sebagai anggota legislatif dalam trias politika. Kepribadian seperti Mahfud MD dianggap memiliki integritas yang sangat baik dan memiliki potensi untuk diusulkan oleh berbagai koalisi politik.

Tidak hanya berpengalaman di ketiga cabang trias politica, Mahfud juga tidak pernah tersangkut dalam kasus korupsi. Selain itu, Mahfud MD adalah seorang pengajar dan guru besar. Dia menjabat sebagai Guru Besar Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sebelum menjadi Menteri Pertahanan pada masa pemerintahan Gus Dur pada tahun 2001. Mahfud MD juga merupakan dosen tetap di Fakultas Hukum UII, dan dia menjadi dosen pertama yang meraih gelar doktor pada tahun 1993.

Ia mencapai status Guru Besar pada usia 41 tahun, yang bisa dikatakan sangat muda. Kemudian, ia menjadi asisten ahli rektor madya, mengungguli senior-senior di waktu itu, dan akhirnya diangkat sebagai guru besar setelah mengabdikan diri sebagai dosen di UII selama 12 tahun.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut