get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Wartawan Boikot Pemberitaan Persibas Buntut Larangan Liputan, Ini Kata Ketua PWI dan AJI Banyumas

Senin, 06 November 2023 | 20:12 WIB
header img
Persibas mulai menjaring pemain untuk persiapan Liga 3. Foto: Dok Persibas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Media mainstream yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya memboikot pemberitaan tim sepakbola kebanggaan Kabupaten Banyumas, Persibas. Pemboikotan ini imbas dari media officer Persibas yang melarang wartawan melakukan aktivitas peliputan laga perdana antara Persibas vs PSIW Wonosobo di Liga 3 PSSI Jateng 2023 yang berlangsung di Stadion Satria Purwokerto, Minggu (5/11).

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banyumas, Liliek Darmawan mengatakan jika pihaknya sangat menyayangkan sikap dari pihak Persibas. Di mana seharusnya Persibas dapat menggandeng media mainstream untuk bekerjasama menyampaikan informasi kepada publik, bukan untuk dihalangi apalagi diminta membayar agar dapat meliput pertandingan.

"Kalau melihat kejadian seperti itu, kok sikapnya tidak etis yah, itu aneh. Bukannya digandeng untuk mempublikasikan, tapi malah dilarang," kata Liliek kepada wartawan, Senin (06/11/2023). 

Menurut dia, jika memang terdapat regulasi baru, sudah semestinya disampaikan jauh sebelum pelaksanaan pertandingan. Sehingga, dapat dikomunikasikan dengan media untuk mencari solusi yang terbaik dan tidak merugikan kedua belah pihak.

"Kalau memang ada aturan atau regulasi baru, harusnya beberapa hari sebelumnya sudah disampaikan, duduk bersama dan mencari win-win solution. Kalau sudah sampai lokasi dan seperti itu kan mengecewakan," jelasnya. 

Dia mengungkapkan, keputusan untuk tidak mengizinkan wartawan meliput dan meminta biaya masuk stadion sebesar Rp100.000 memang menjadi hak manajemen sepenuhnya. Akan tetapi perlu diketahui, jika awak media datang untuk melakukan kerja jurnalistik dan menyampaikan informasi tersebut kepada khalayak umum, khususnya bagi para penggemar Persibas yang tidak dapat hadir langsung menyaksikan pertandingan. 

"Wartawan datang ke lokasi, dalam hal ini peliputan pertandingan sepakbola, sama sekali tidak dalam rangka mencari atau mendapatkan keuntungan pribadi. Wartawan datang kan untuk liputan, tidak untuk membuat rusuh, mencuri, atau perbuatan yang menganggu acara. Peran kita kan memberikan informasi kepada masyarakat. Kenapa juga harus bayar," kata dia. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut