get app
inews
Aa Read Next : Terinspirasi Coldplay, Siswa Sulap Sampah untuk Dekorasi Puhua Festival 2023 

50 Eksperimen Sains Ditampilkan Puhua School Purwokerto, Salah Satunya Garpu Terbang

Jum'at, 28 Januari 2022 | 18:37 WIB
header img
Puhua Science Fair 2022 di Purwokerto

Di sinilah kita bisa melihat “garpu terbang”. Mereka melakukan pembuktian gaya gravitasi melalui percobaan dua garpu yang ditopang dengan ujung tusuk gigi, serta kaleng alih-alih menara Pisa untuk membuktikan pusat gaya gravitasi nyata adanya. Masih banyak sekali eksperimen memukau karya siswa-siswi kereatif ini. 


Puhua yang melaksanakan pameran eksperimen sains

Mulai dari Solar System Model, Floating Egg, Volcano Eurpyion Model, Magnet and Liquid, hingga Bopuncy Egg Experiment yang bisa membuka mata siswa tentang pentingnya rajin menggosok gigi. Tak cukup sampai di sana, reaksi bahan makanan juga menjadi uji coba. Mulai dari Coke and Mentor Experiment, Mengapa Roti bisa Berjamur, hingga Magic Turmeric menggunakan kunyit dan lainnya.

Sedikitnya ada 50 eksperimen sains karya siswa-siswi  4, 5 dan 6 SD dalam acara bertajuk Puhua Science Fair 2022 yang ditampilkan secara kreatif, menarik, sekaligus ilmiah melalui bimbingan seluruh tim pengajar Puhua School jenjang Early Years. Kegiatan yang diselenggarakan SD Puhua pada 28 Januari 2022 ini awalnya akan dibuka untuk umum. 

Namun untuk menjaga ketaatan protokol kesehatan semasa pandemi sesuai imbauan Kepala Dinas Pendidikan Banyumas juga  Bupati Banyumas maka kegiatan sains yang baru pertama kali diselenggarakan ini dipertontonkan secara daring melalui aplikasi zoom. Meski dilakukan secara daring, persiapan yang dilakukan oleh seluruh siswa tak main-main. 

“Siswa-siswi sudah mulai memilih, membuat konsep, hingga menguji proyek science sejak tanggal 10 sampai 24 Januari,” ujar Indah Nurrohmah, guru sekaligus koordinator proyek science acara ini. Setiap anak dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari dua sampai tiga siswa. Dalam kurun waktu tersebut setiap kelompok harus menyelesaikan karyanya dan bisa menjelaskan baik lisan maupun tertulis dalam bahasa inggris. 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut