get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Banyumas dan LKPP Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa

Banyumas Terima Penghargaan Kabupaten Sehat 2023

Jum'at, 01 Desember 2023 | 07:24 WIB
header img
Pemkab Banyumas dengan bangga menerima Penghargaan Swastisaba Padapa Tingkat Nasional dari Kemenkes. (Foto: Istimewa)

Pada tahun 2021, Kabupaten Banyumas mengikuti Verifikasi Penilaian Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS), namun tidak dapat melanjutkan verifikasi karena belum mendeklarasikan ODF Kabupaten.

"Kabupaten Banyumas masuk nominasi nasional untuk diverifikasi lebih lanjut oleh Tim Pusat dengan Kategori Penghargaan PADAPA pada tanggal 25 Juli 2023 melalui Zoom Meeting yang dilaksanakan di Smart Room Graha Satria Purwokerto," jelasnya.

Widyana menambahkan bahwa hasil verifikasi Tim Pusat menunjukkan capaian pada sembilan tatanan penilaian penyelenggaraan KKS hingga 12 Juli 2023, antara lain Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri 87.71%, Tatanan Permukiman dan Fasilitas Umum 92.31%, Tatanan Satuan Pendidikan 81.82%, Tatanan Pasar 85.42%, Tatanan Pariwisata 92.31%, Tatanan Transportasi 93.75%, Tatanan Perkantoran dan Perindustrian 82.14%, Tatanan Perlindungan Sosial 73.53%, dan Tatanan Penanganan Bencana 92.68%.

"Penyelenggaraan KKS melibatkan unsur pemerintah (Lintas Kelembagaan dan OPD), unsur swasta, dan masyarakat. Penilaian dilakukan setiap dua tahun, pembinaan pada tahun genap, dan penilaian pada tahun ganjil," tambahnya.

Untuk mewujudkan program KKS, dukungan, peran aktif, dan kerjasama dari seluruh pihak terkait, termasuk seluruh OPD di Kabupaten Banyumas, sangat diperlukan.

"Penghargaan ini diraih berkat komitmen bersama Tim Pembina KKS (Seluruh OPD) dan Komitmen Forum Banyumas Sehat. Oleh karena itu, penghargaan ini bukan hanya milik Dinas Kesehatan, melainkan sebuah prestasi bersama," pungkas Widyana.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut