get app
inews
Aa Read Next : Satpol PP Purbalingga Musnahkan 1250 Botol Miras

Purbalingga Business Forum, Menumbuhkan Optimisme Berinvestasi di Kabupaten Purbalingga

Senin, 11 Desember 2023 | 14:44 WIB
header img
Kabupaten Purbalingga menggelar Purbalingga Business Forum bertajuk "Menumbuhkan Optimisme Berinvestasi di Kabupaten Purbalingga". Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

Sementara menurut Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan jika Perintah Kabupaten Purbalingga terus berupaya untuk menjadi kabupaten yang pro investasi.

"Kami menginstruksikan seluruh OPD, khususnya OPD yang berkaitan dengan masalah perizinan agar membantu untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif. Sehingga investasi akan bisa masuk dengan mudah di Kabupaten Purbalingga. Harapannya pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Purbalingga juga semakin meningkat lagi. Kalau ekonominya meningkat, kesejahteraan warga masyarakat yang ada di Kabupaten Purbalingga pun juga nantinya diharapkan akan semakin meningkat," ungkapnya.

Bupati Cantik ini juga menambahkan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Purbalingga pasca pandemi Covid-19 terus menunjukkan tren positif. Saat pandemi Covid-19 pada tahun 2020 angka pertumbuhan ekonomi Purbalingga berada pada angka -1,29%.

"Jadi dari tahun 2021 dan 2022 ini ada peningkatan pertumbuhan ekonomi kita dari awalnya -1,29% (2020). Alhamdulillah, mulai tahun 2021 pertumbuhan ekonomi kita dari angka minus ini berangsur-angsur positif menjadi 3,19%. Terakhir di tahun 2022, angka pertumbuhan ekonomi kita berada di angka 5,41%. Angka pertumbuhan ekonomi ini termasuk angka pertumbuhan ekonomi yang ada di atas rata rata Provinsi Jawa Tengah. Jadi progres kita dalam rangka pemulihan ekonomi ini cukup baik. Angka pengangguran terbuka juga terus mengalami penurunan, dari awalnya 6,1% pada tahun 2020 menjadi 5,23% pada 2022," katanya.

Sedangkan pertumbuhan investasi di Kabupaten Purbalingga tiga tahun terakhir juga tidak kalah menggembirakan.

"Investasi kita dari tahun ke tahun menunjukkan progres yang selalu meningkat, dari 2020 pada saat awal mula kita dilanda pandemi covid sebesar Rp758 miliar, naik menjadi Rp1,462 triliun , kemudian tahun 2022 naik lagi 1,499 triliun," ungkap Bupati Tiwi.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut