get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka: Capaian dan Komitmen yang Perlu Diapresiasi

Kemendikbudristek Komitmen Perkuat Ekosistem Sastra Nasional

Senin, 11 Desember 2023 | 18:07 WIB
header img
Kemendikbudristek menyelenggarakan Pentas Karya Komunitas Sastra Penerima Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan 2023. Foto: Dok Kemendikbudristek

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id — Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Pentas Karya Komunitas Sastra Penerima Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan 2023. 

Mengusung tema "Sastra Perekat Kebinekaan", acara ini dimeriahkan dengan pementasan mendongeng, pembacaan puisi, musikalisasi puisi, dan teater oleh perwakilan komunitas sastra penerima bantuan dari 11 provinsi, serta penampilan beberapa maestro sastra nasional. 

"Kemendikbudristek berkomitmen untuk membangun dan memperkuat ekosistem sastra. Tidak hanya melalui Badan Bahasa, tetapi juga melalui semua unit yang bisa kita gerakkan bersama untuk memperkuat bidang kesastraan ini sehingga, nantinya kita akan memiliki karya-karya sastra hebat dan juga sastrawan hebat di masa depan," kata Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, dalam keterangannya usai membuka Pentas Karya Komunitas Sastra di Teater Besar, Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (11/12/2023). 

Program bantuan pemerintah penguatan sastra diharapkan dapat dapat meningkatkan peran komunitas sastra sebagai pihak pemroduksi karya, penggerak sekaligus penguat dalam membangun kesastraan di tengah masyarakat, serta mengembangkan kesastraan dan meluaskan produk karyanya. 

"Kami ingin bantuan yang kami berikan ini bisa menjadi pemantik, untuk membantu komunitas-komunitas sastra yang selama ini telah berkontribusi dalam menggiatkan sastra di wilayahnya masing-masing," ungkap Suharti.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut