get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka: Capaian dan Komitmen yang Perlu Diapresiasi

Kemendikbudristek Komitmen Perkuat Ekosistem Sastra Nasional

Senin, 11 Desember 2023 | 18:07 WIB
header img
Kemendikbudristek menyelenggarakan Pentas Karya Komunitas Sastra Penerima Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan 2023. Foto: Dok Kemendikbudristek

Ketika berbicara tentang sastra, lanjut Suharti, Kemendikbudristek tidak hanya melibatkan para maestro atau sastrawan terkenal saja. Namun, juga mendorong pelibatan peserta didik dan kaum muda. "Kami berharap dari wajah-wajah muda yang hadir saat ini akan muncul sastrawan-sastrawan masa depan," ungkapnya. 

Pada Juli dan September 2023, Badan Bahasa melalui Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra telah mengumumkan 45 komunitas penerima bantuan pemerintah dari kategori bantuan fasilitas komunitas dan 5 komunitas untuk kategori penghargaan, serta penghargaan perorangan sebanyak 29 orang. 

"Ada beberapa tokoh-tokoh pegiat sastra di daerah yang kita berikan apresiasi berdasarkan atas nominasi atau pencalonan dari komunitas dan orang-orang yang mengetahui betul kiprah mereka untuk memajukan sastra. Kita seleksi dan ada kuratornya," kata Kepala Badan Bahasa, E. Aminudin Aziz. 

Kepala Badan Bahasa juga mengungkapkan bahwa Kemendikbudristek terus berupaya untuk meningkatkan cakupan penerima bantuan pemerintah agar lebih banyak komunitas sastra yang semakin berdaya dan semakin bisa menghadirkan dampak pada pengembangan bidang sastra dan literasi masyarakat, serta berkontribusi dalam menggerakkan roda ekonomi di sekitarnya.  

"Berdasarkan hasil evaluasi Bappenas dan Ditjen Anggaran atas efektivitas dari bantuan pemerintah berupa pemberdayaan komunitas sastra ini, maka tahun depan (2024) jumlah anggaran akan ditingkatkan," kata Amin. 

Adapun perwakilan komunitas sastra yang tampil pada Pentas Karya Komunitas Sastra berasal dari 11 provinsi. Pentas Karya Komunitas Sastra ini juga menampilkan beberapa sastrawan nasional yang akan menampilkan pertunjukan teater, baca puisi, dan baca cerpen, yakni Putu Wijaya, Sutardji Calzoum Bachri, Godi Suwarna berkolaborasi dengan Sifa Putri Yandani (Pemenang I Maca Sajak Tingkat SMP Kategori Putri, Festival Tunas Bahasa Ibu Provinsi Jawa Barat tahun 2023), Iman Soleh, Agus R. Sarjono bersama Teater Forum, juga Isbedy Stiawan Z.S. dan E.M. Yogiswara.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut