get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Alokasikan Rp9,2 Miliar Beli 154 Ribu Lebih Zak Semen

Malam Takbiran, Alun-alun Kebumen Ditutup

Minggu, 09 Mei 2021 | 09:24 WIB
header img
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat kegiatan salat tarawih. (Foto: Dok Pemkab Kebumen)

KEBUMEN, iNews.id- Pemkab Kebumen memutuskan untuk menutup Alun-alun Kota Kebumen pada malam takbiran. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan. Selain itu, pemkab juga melarang takbir keliling.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan bahwa pada waktu malam takbiran, Alun-alun Kota Kebumen bakal ditutup. “Pada malam takbiran atau malam Idul Fitri, Alun-alun Kota Kebumen ditutup. Hal ini dilakukan agar tidak dijadikan tempat kerumunan. Takbiran keliling juga dilarang. Cukup dilaksanakan di masjid-masjid saja. Perbanyak ibadah di masjid, Insya Allah itu lebih baik,”kata Bupati usai menggelar salat Tarawih dan Silaturahmi di Masjid Baiturrohman, Desa Caruban, Kecamatan Adimulyo, Sabtu (8/5/2021) malam.

Bupati juga mengatakan bahwa pada Lebaran tahun ini, seluruh ASN di lingkungan Pemkab Kebumen khususnya pimpinan OPD berserta camat dan lurah atau kepala desa tidak libur.

“ASN juga diwajibkan untuk mengenakan pakaian dinas resmi saat pelaksanaan salat Idul Fitri nanti. Seperti halnya TNI dan Polri, dimana setiap momen idul fitri mereka juga tetap bekerja melayani masyarakat. Ini dilakukan agar bisa lebih mudah berkomunikasi dengan masyarakat,”jelasnya.

Bupati mengatakan bahwa setelah salat Id, ASN yang mengenakan seragam dapat langsung terjun ke lapangan untuk memantau pelaksanaan PPKM mikro. “Tujuannya agar aparatur pemerintahan bisa melakukan pengecekan langsung PPKM Mikro pada pelaksanaan salat Idul Fitri. Apakah berlangsung dengan baik, atau banyak terjadi pelanggaran protokol kesehatan,”katanya.

Pada intinya, lanjut Bupati, Kepala OPD, camat, lurah, kepala desa tidak boleh libur dan harus tetap bisa memberikan palayanan kepada masyarakat seperti TNI dan Polri yang tidak libur.

 

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut