get app
inews
Aa Read Next : 187 Orang Daftar Panwaslucam Pilkada 2024 di Banyumas

Bawaslu Purbalingga Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama Masyarakat Pinggiran dan Marginal

Rabu, 24 Januari 2024 | 17:55 WIB
header img
Bawaslu Purbalingga Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama Masyarakat Pinggiran dan Marginal. Foto: Dok Bawaslu Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Bawaslu Purbalingga menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu bagi Masyarakat Pinggiran dan Marginal, dengan tujuan memberikan pendidikan dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan Pemilu tahun 2024. Acara digelar di Wisma Asrie Tien Catering, Rabu, (24/1/2024) ini dihadiri oleh berbagai komunitas yang menjadi bagian integral dari masyarakat pinggiran. 

Ketua Bawaslu Purbalingga, Misrad menegaskan komitmen untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu.

"Kegiatan ini ingin menggandeng seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali agar mereka paham dengan tahapan pemilu karena mungkin mereka tidak mendapat akses terhadap informasi kepemiluan dan turut mengawasi jalannya pemilu di setiap tahapan," kata Misrad dalam keterangannya.

Bawaslu Purbalingga berusaha untuk memastikan bahwa setiap warga negara, tanpa memandang latar belakang atau kondisi sosialnya, dapat ikut serta secara aktif dalam pengawasan Pemilu. Misrad menyoroti betapa pentingnya pemahaman masyarakat terhadap tahapan-tahapan Pemilu sebagai dasar utama untuk mengawasi proses tersebut. Selain itu, kesenjangan informasi yang mungkin dialami oleh sebagian masyarakat dapat diatasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah peserta yang mencerminkan keberagaman masyarakat. Diantaranya seperti komunitas pegiat seni jalanan, lomunitas pegiat seni kudakepang, komunitas ojek pangkalan, komunitas penarik becak Purbalingga, serta kelompok dukungan sebaya harapan baru Kabupaten Purbalingga yang mewadahi eks tuna susila dan komunitas transgender serta komunitas juru parkir juga ikut meramaikan kegiatan ini. 

"Keberagaman latar belakang peserta menjadi potensi besar dalam mendukung upaya meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat dalam pengawasan Pemilu, dan meneguhkan semangat demokrasi di tingkat lokal," ujarnya.

Pemateri dalam acara ini adalah Anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga, Muhammad Wakhiddin dan Wawan Eko Mujito. 

Tujuan utama dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi jalannya Pemilu tahun 2024. Peserta diajak untuk secara proaktif memeriksa apakah wilayah sekitar rumah mereka sudah terdaftar dengan benar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut