get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

KPU Banyumas Simulasi Pemungutan Suara di Wilayah Rawan Bencana

Minggu, 28 Januari 2024 | 14:52 WIB
header img
KPU Banyumas Simulasi Pemungutan Suara di Wilayah Rawan Bencana. Foto: Arbi Anugrah

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - KPU Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar simulasi pemungutan suara di wilayah rawan bencana. Hal ini dilakukan sebagai persiapan pada gelaran Pemilu Serentak 2024.

Simulasi tersebut digelar di Lapangan Desa Gebangsari, Kecamatan Tambak, diawali dengan datangnya bencana banjir yang datang secara tiba-tiba di tengah kegiatan pemungutan suara yang sedang berlangsung.

Air yang cepat meninggi disekitar lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) membuat Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) segera meminta persetujuan kepada Pengawas TPS (PTPS) setempat dan saksi untuk menghentikan sementara proses pencoblosan. Hal tersebut dilakukan untuk menyelematkan logistik pemilu dan melanjutkan pemungutan suara di tempat yang aman.

Tim Reaksi Cepat (TRC) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas yang tiba di lokasi langsung melakukan evakuasi logistik pemilu beserta petugas KPPS menuju lokasi yang aman.

Menurut Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Banyumas, Sidiq Fathoni mengatakan jika simulasi pemungutan suara di daerah rawan bencana ini dilakukan karena di Kabupaten Banyumas terdapat sejumlah TPS yang berada di daerah rawan bencana. Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Banyumas, diketahui terdapat sebanyak 441 TPS berada di daerah rawan banjir dan 93 TPS di daerah rawan longsor.

"Dari total 5.587 TPS, ada sekitar 8 persen atau 531 TPS yang berada di daerah rawan bencana dan tersebar di 12 kecamatan," kata Sidiq kepada wartawan di lokasi, Minggu (28/1/2024).

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut