get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Bawaslu Banyumas Bakal Gempur Money Politik di Masa Tenang, Imam Arif: Saya Siap Pasang Badan!

Minggu, 04 Februari 2024 | 15:23 WIB
header img
Bawaslu Banyumas Bakal Gempur Money Politik di Masa Tenang, Imam Arif: Saya Siap Pasang Badan! Foto: Dok Bawaslu Banyumas

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Kampanye Pemilu 2024 tinggal menghitung hari, di mana Partai Politik (Parpol) boleh melakukan kampanye dalam bentuk apapun kepada masyarakat sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan hingga Sabtu (10/2) mendatang. Setelah itu, mulai tanggal 11-13 Februari 2024 memasuki masa tenang Pemilu.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi mengatakan jika selama 69 hari masa kampanye, wilayah Kabupaten Banyumas termasuk dalam kondisi yang aman. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya peserta pemilu yang melakukan kampanye secara tertib.

"69 hari kampanye dari tanggal 28 November 2023. Alhamdulillah di Kabupaten Banyumas masuk kondisi aman," kata Imam Arif saat memimpin Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 di Alun-Alun Banyumas, Minggu (4/2/2024).

Imam Arif menyampaikan hal ini kepada seluruh jajaran Pengawas Pemilu dari Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kabupaten Banyumas. Menurutnya, setelah masa kampanye selesai, tahapan selanjutnya adalah masa tenang selama tiga hari, maka dari itu, pihaknya meminta agar seluruh personel meningkatkan kewaspadaan.

"Hari tenang tidak boleh kampanye dalam bentuk apapun, tugas kita memastikan tidak ada kampanye dihari tenang. Sehingga tidak ada lagi alat peraga kampanye, kita bersihkan, di Banyumas bersih dari APK," jelasnya.

Selain itu, ia meminta agar seluruh anggota Panwas selalu mewaspadai praktik money politik yang dilakukan peserta Pemilu menjelang waktu pencoblosan pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang.

"Pergerakan di Banyumas santai senyap, kita perlu waspada, jangan-jangan peserta pemilu melakukan pergerakan maksimal di hari tenang. Tugas kita memastikan tidak terjadi money politik," ujarnya.

Maka dari itu, ia menginstruksikan kepada seluruh anggota Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kabupaten Banyumas untuk tetap menjaga integritas, profesionalitas dan loyalitas. Ia pun siap pasang badan untuk membackup total dalam konteks penegakkan regulasi Pemilu.

"Kita buktikan bahwa bawaslu adalah jajaran pengawas pemilu berintegritas, profesional dan loyalitasnya tinggi. Tanggal 14 Februari tinggal 10 hari lagi, ini titik akhir, titik paling puncak bagaimana kita menunjukkan kinerja kita, pastikan ditanggal 14 Februari kita melakukan pengawasan yang maksimal," tegasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut