get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto Gelar Sapa Pagi pada Peserta Pengajuan Klaim

BPJS Kesehatan Purwokerto Jamin Kesehatan Petugas Pemilu

Sabtu, 17 Februari 2024 | 15:30 WIB
header img
BPJS Kesehatan menjamin kesehatan petugas Pemilu. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Pesta demokrasi Indonesia telah dilaksanakan melalui Pemilu serentak seluruh Indonesia pada Rabu (14/2/2024).

Pada pemilu kali ini BPJS Kesehatan mendapatkan tugas memastikan seluruh petugas penyelenggara Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 melakukan Skrining Riwayat Kesehatan dan mendorong petugas penyelenggara Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 yang belum terdaftar dalam kepesertaan JKN untuk mendaftarkan diri menjadi peserta JKN pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Pekerja Penerima Upah (PPU) serta melakukan reaktivasi bagi petugas yang kepesertaan JKN non aktif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jusi Febrianto berkomitmen menjamin kesehatan Petugas Pemilu melalui Program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan.

“Pemerintah Kabupaten Purbalingga mendaftarkan Petugas Pemilu ke dalam Program JKN segmen PBPU Pemda yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah kabupaten, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga. Sebagai pemerintah daerah yang sudah mencapai UHC non cut off, jika ada petugas pemilu yang membutuhkan jaminan kesehatan dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan karena jika didaftarkan oleh pemerintah daerah dapat langsung aktif status kepesertaan JKN miliknya,” kata Jusi.

Erna Solihati (34), Petugas Pemilu dari Kabupaten Purbalingga yang sempat dirawat di Rumah Sakit Siaga Medika Purbalingga dari tanggal 14 sampai 16 Februari 2024 merasa puas dengan layanan Program JKN selama dirawat.

“Pada saat perhitungan suara DPR RI saya sudah merasa pusing. Setelah istirahat sholat mahgrib tiba tiba saya muntah-muntah dan istirahat di rumah terdekat dari Tempat Pemunguta Suara (TPS). Tapi karena kondisi saya masih pusing dan muntah muntah maka saya berniat pulang ke rumah. Baru jalan sebentar saya pingsan dan segera dibawa ke RS Siaga Medika. Setelah diperiksa diagnosa dokter ialah hipertensi dan asam lambung. Selama dirawat di RS Siaga Medika Purbalingga saya merasakan pelayanan yang baik dan tidak dipungut biaya apapun. Saya puas dengan pelayanan yang diberikan,” ujar Erna.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut