get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Banyumas dan LKPP Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa

Kado Hari Jadi, Banyumas Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan Karena Raih UHC

Kamis, 22 Februari 2024 | 12:58 WIB
header img
Pemkab Banyumas menerima menerima Piagam Penghargaan dari BPJS Kesehatan atas pencapaian Universal Health Coverage (UHC). (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Ini salah satu kado pada saat Banyumas memperingati Hari Jadi ke-453. Pemkab Banyumas menerima menerima Piagam Penghargaan dari BPJS Kesehatan atas pencapaian Universal Health Coverage (UHC) dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Penyerahan penghargaan dilaksanakan berbarengan dengan Upacara Bendera Hari Jadi ke-453 Kabupaten Banyumas, Kamis (22/2/2024) di Alun-alun Purwokerto.

Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro mengapresiasi untuk pencapaian UHC ini. “Alhamdulillah berkat kerja sama, kerja keras, dan kerja cerdas saudara-saudara semua kita bisa melihat satu per satu masalah dapat teratasi. Kurang lebih sudah 18 kali saya mendapat kehormatan untuk menerima penghargaan di level provinsi dan juga nasional, salah satunya Piagam Pengahrgaan Universal Health Coverage (UHC) dalam Program JKN untuk Kabupaten Banyumas dari BPJS Kesehatan,” kata Hanung.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Jajaran Pemerintah Kabupaten Banyumas bahwa Kabupaten Banyumas juga menerima penghargaan Swastisaba Padapa Tingkat Nasional dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atas prestasinya dalam mewujudkan Kabupaten Sehat Tahun 2023.

Deputi Direksi Wilayah VI, Mulyo Wibowo menyampaikan apresiasinya kepada Pj. Bupati Banyumas beserta jajarannya atas capaian kepesertaan JKN Kabupaten Banyumas yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC).

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam melakukan optimalisasi dan percepatan kepesertaan JKN masyarakat di wilayah Kabupaten Banyumas. Sehingga per tanggal 1 Februari 2024, Kabupaten Banyumas mencapai UHC sebesar 95,57% dari total penduduk Kabupaten Banyumas terlindungi Program JKN,” kata Mulyo.

Ia menjelaskan Cakupan Kepesertaan JKN Kabupaten Banyumas sampai dengan tanggal 1 Februari 2024 ialah sebanyak 1.768.041 jiwa yang telah terlindungi dan terdaftar sebagai peserta JKN. 

Untuk segmen Penerima Bantuan Iuran Anggaran Pendapatan Belanja Negara (PBI APBN) sebanyak 959.275 jiwa atau 54,26%, segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) sebanyak 374.497 jiwa atau 21,18%, segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) sebanyak 249.385 jiwa atau 14,11%, segmen Penerima Bantuan Iuran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (PBI APBD) sebanyak 135.850 jiwa atau 7,68%, serta segmen Bukan Pekerja (BP) sebanyak 49.034 jiwa atau 2,77%.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut