get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

TNI AD Bangun Fasilitas Air Bersih di Rawalo, Warga Bahagia

Selasa, 27 Februari 2024 | 13:43 WIB
header img
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meresmikan fasilitas air bersih di Desa Tipar, Kecamatan Rawalo, Banyumas pada Selasa (27/2/2024). (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meresmikan fasilitas air bersih di Desa Tipar, Kecamatan Rawalo, Banyumas pada Selasa (27/2/2024). Masyarakat menyambut bahagia karena mereka tidak lagi kesulitan air bersih saat kemarau tiba atau ada El Nino.

KSAD mengatakan mengatakan pembangunan sarana air bersih ini melalui Program Peningkatan Kesejahteraan Desa. Untuk di Banyumas, TNI AD menggandeng PT Astra. 

"TNI AD bersama PT Astra melakukan pembangunan sarana air bersih di 32 titik. Di lokasi setempat dilengkapi cdengan 32 tower air dan 32 sarana sanitasi. Selain fasilitas air bersih, TNI juga merehab 100 unit rumah tidak layak huni (RTLH),"kata KSAD yang didampingi di antaranya Pangkostrad Letjen TNI Saleh Mustafa, Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi Revita dan Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Kalau untuk Indonesia, TNI AD juga akan bersama perusahaan besar lainnya bakal membangun fasilitas air bersih. Targetnya pada tahun ini mencapai 3 ribu titik. Kalau saat sekarang telah terbangun sebanyak 1.900 titik.

KSAD menyatakan bahwa Program Peningkatan Kesejahteraan Desa harus terus didorong dengan harapan dapat mengatasi tidak hanya ketahanan pangan tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah tersebut.

"Saat ini, sudah ada 1.900 titik di seluruh Indonesia. Tahun ini, rencananya akan ditambah 50 titik di Halmahera dan 89 titik di Kalimantan Timur," ungkapnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut