get app
inews
Aa Read Next : 700 Pemudik Asal Banyumas Raya Balik Rantau, Fasilitasi Bus Gratis dari Pemprov Jateng

Cara Daftar Mudik Gratis Buat Motor Lebaran 2024 dari Kemenhub, Berikut Syaratnya!

Selasa, 05 Maret 2024 | 20:15 WIB
header img
Cara Daftar Mudik Gratis Buat Motor Lebaran 2024 dari Kemenhub. Foto; Dok KAI

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Cara daftar mudik gratis lebaran 2024 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) perlu diketahui masyarakat. Terlebih dalam program angkutan Motor Gratis (Motis) yang digelar Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub dalam Angkutan Lebaran Tahun 2024 kali ini.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih mengatakan, di Daop 5 Purwokerto sendiri terdapat lima stasiun yang mendukung program motor gratis yang digelar DJKA Kemenhub pada lebaran 2024 ini, diantaranya stasiun Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Gombong, Kebumen.

"Ada lima stasiun di Daop 5 Purwokerto yang mendukung program motor gratis yang digelar DJKA Kemenhub," kata Feni Novida dalam keterangannya, Selasa (5/3/2024).

Lantas, bagaimana cara daftar mudik gratis buat motor Lebaran 2024 dari Kemenhub. Berikut cara daftar mudik gratis buat motor

Cara Daftar Mudik Motor Gratis Lebaran 2024

Cara daftar mudik motor gratis 2024 sudah dibuka sejak 4 Maret hingga 18 April (46 hari) secara online dengan mengakses website mudikgratis.dephub.go.id. Masyarakat juga bisa datang langsung ke Posko Motis yang ada di Stasiun Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Gombong, Kebumen, Cilegon, Jakarta Gudang, Tangerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebon Prujakan, Tegal dan Pekalongan.

Program mudik motor gratis (motis) lebaran 2024 merupakan inisiatif tahunan dari Kementerian Perhubungan untuk membantu masyarakat yang akan mudik dengan motor yang diangkut menggunakan kereta api secara cuma-cuma. Program ini bertujuan untuk mengurangi jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran, sehingga keselamatan para pemudik dapat terjamin.

Angkutan mudik motor gratis ini nantinya mulai diberangkatkan pada tanggal 2-8 April 2024, sedangkan untuk angkutan balik Motis akan dilaksanakan pada tanggal 13-19 April 2024.

Untuk mendukung program mudik gratis buat motor Lebaran 2024, DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis ini dengan pelayanan KA Public Service Obligation atau PSO yang akan melayani 3 lintas pelayanan, diantaranya yakni Lintas Utara dengan rute perjalanan Cilegon - Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan - Semarang Tawang. Lalu Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya - Kutoarjo, dan Lintas Selatan dengan rute Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun.

Masyarakat bisa menikmati layanan tarif hanya Rp10 ribu jika penumpang KA Motis Utara berangkat atau naik dari Stasiun Cilegon dan turun di Stasiun Cirebon Prujakan, namun akan dikenakan tarif Rp20 ribu jika berhenti atau turun melewati Stasiun Cirebon Prujakan. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut