get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Warga Miskin Bisa Berobat Gratis di RSUD Ajibarang, Begini Caranya

Sabtu, 09 Maret 2024 | 14:34 WIB
header img
RSUD Ajibarang, Banyumas memastikan warga tidak mampu yang berobat pasti dilayani dengan baik tanpa ditarik biaya alias gratis. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-RSUD Ajibarang, Banyumas memastikan warga tidak mampu yang berobat pasti dilayani dengan baik tanpa ditarik biaya alias gratis. Pasalnya, saat sekarang Banyumas sudah masuk Universal Health Coverage (UHC).

Dengan adanya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat ini, masyarakat yang tidak mampu atau tidak memiliki biaya tidak perlu lagi khawatir ketika berobat ke RSUD Ajibarang.

"Syukur Alhamdulillah, saat ini Banyumas sudah menerapkan JKN, yang berarti mendapat dukungan anggaran dari APBD. Jadi, jika ada masyarakat yang sakit dan tak mampu, mereka bisa datang ke RSUD Ajibarang tanpa perlu khawatir akan dikenakan biaya sepeser pun. Hanya perlu menyelesaikan administrasi yang akan kami proses dalam waktu 2 kali 24 jam," jelas Direktur RSUD Ajibarang, dr Nugroho Harbani MSc SpS, pada Sabtu (9/3/2024).

Rumah Sakit tipe C ini unggul dalam pelayanan poliklinik Urologi, Orthopedi, Jantung dan Pembuluh Darat, serta mata, dan terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung. 

Pada tahun 2023, tercatat peningkatan kunjungan pasien rawat jalan sebesar 18,3 persen dan rawat inap sebesar 15,01 persen dibanding tahun 2022.

Inovasi yang dilakukan oleh RSUD Ajibarang di Banyumas, Jawa Tengah, patut mendapat apresiasi. Meskipun berada di desa atau kecamatan, rumah sakit ini tetap menyediakan pelayanan dan peralatan medis yang tidak kalah dengan rumah sakit di kota.

"Kami tidak melakukan perbedaan dalam pelayanan. Bahkan, untuk pasien kelas 3, kami menambahkan fasilitas khusus yang tidak dimiliki rumah sakit lain," katanya.

Contohnya, untuk pasien kelas 3, mereka dilayani dengan sofa di ruang tunggu, tempat tidur multi fungsi yang dilengkapi dengan rak, bel pemanggil perawat, lampu tidur, lampu baca, oksigen sentral, dan ruangan ber-AC. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut