get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Pentas Kesenian Tradisional Banyumas Hibur Pemudik di Sejumlah Obyek Wisata, Ini Lokasinya!

Jum'at, 12 April 2024 | 13:18 WIB
header img
Pentas Kesenian Banyumas Hibur Pemudik di Sejumlah Obyek Wisata, Ini Lokasinya! Foto: Istimewa

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Untuk mempromosikan kesenian tradisional Kabupaten Banyumas, Aliansi Peduli Seni dan Budaya Kabupaten Banyumas (Adidayamas) menggelar pentas seni di sejumlah obyek wisata yang berada di Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini sendiri dianggap sebagai cara yang unik dan mendidik sekaligus menghibur para pemudik.

"Cara ini cukup menghibur, efektif dan jitu untuk mempromosikan kesenian tradisional Banyumas," kata Ketua Adidayamas Adhi Gon dalam keterangannya, Jumat (12/4/2024).

Program promosi kesenian tradisional Banyumasan ini sendiri dimulai sejak Kamis (11/4) atau H+1 lebaran dan akan berakhir pada Rabu (17/4) mendatang. 

"Hari pertama dilaksanakan di Lokawisata Baturraden dan Taman Bale Kemambang, dengan menampilkan kesenian Kenthongan dari Evan nada Group, dan Lengger Dari Trika Dance. Selebihnya jika ada tambahan itu ada di Menara Teratai, Taman Botani Baturraden dan Madang Maning Park," jelasnya.

Program promo seni ini pun disambut baik oleh para pedagang yang berada di kawasan wisata tersebut

Direktur BLUD UPT Lokawisata Baturraden, Yanuar, mengapresiasi program yang dilakukan oleh Adidayamas, dirinya mengaku senang dengan adanya program promo seni Banyumasan ini. 

"Disamping menghibur, pementasan seni tradisional ini bisa mendongkrak penjualan para pedagang yang ada didalam kawasan wisata," ujarnya.

Sementara menurut Kang Yono, Sekertaris Adidayamas, disamping menghibur, menurut dia program ini sangat efektif untuk mengedukasi masyarakat. Hal tersebut terlihat ketika pementasan dilakukan, di mana banyak pengunjung yang antusias melihat pementasan tersebut.

"Terbukti saat pementasan banyak pengunjung yang antusias untuk melihat dan terlibat langsung dalam pementasan, seperti ikut menari bersama dan ikut mendokumentasikan pementasanya," ucapnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut