get app
inews
Aa Read Next : PT Pertamina Borong 6 Best Community Program di Vietnam

Pertamina Penuhi Kebutuhan Avtur dan BBM Pemudik di Jateng dan DIY

Selasa, 16 April 2024 | 17:52 WIB
header img
Pertamina Penuhi Kebutuhan Avtur dan BBM Pemudik di Jateng dan DIY. Foto: Dok Pertamina

SEMARANG, iNewsPurwokerto.id – Pasca puncak arus balik dan telah berakhirnya cuti bersama libur lebaran sejak tanggal 8 - 15 April 2024 kemarin, Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah mencatat konsumsi BBM jenis Gasoline tertinggi di Jawa Tengah dan DIY. Konsumsi tertinggi tersebut tercatat selama periode puncak arus mudik yaitu tanggal 9 April 2024 sebesar 21.533 KiloLiter (KL/hari) per hari.

Angka tersebut lebih tinggi sekitar +68% dari rerata konsumsi normal harian di Jateng dan DIY yakni sebesar 12.824 KL/hari. Akan tetapi selama musim arus balik, konsumsi BBM jenis Gasoline tidak melebihi angka 18.955 KL/hari, dibanding saat arus mudik pada tanggal 13 April 2024 atau H+3 lebaran dengan kenaikan sekitar +48% dari rata-rata konsumsi harian normal.

Dalam catatan arus mudik dan arus balik, terdapat fenomena menarik terkait konsumsi. Fenomena tersebut adalah perbedaan hari dalam lonjakan konsumsi di SPBU di ruas Tol Trans Jawa dan lonjakan konsumsi secara keseluruhan di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hal ini disampaikan oleh Area Manager Communcation, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho dalam keterangan persnya, Selasa (16/4/2024).

"Kenaikan konsumsi saat puncak arus mudik di ruas tol terjadi di H-2 lebaran (8/4) dan secara wilayah Jateng dan DIY justru puncak konsumsi di H-1 (9/4) kemudian di puncak arus balik, konsumsi puncaknya secara Jateng dan DIY terjadi di H+3 (13/4) namun konsumsi puncaknya di ruas tol terjadi di ruas tol trans jawa terjadi di H+4 (14/4)," kata Brasto dalam keterangannya.

Berbeda dengan kecenderungan konsumsi BBM Gasoline saat arus mudik dan balik, di mana terjadi peningkatan signifikan dalam konsumsi avtur untuk penerbangan di bandara wilayah Jawa Tengah dan DIY. Pada H-5 lebaran (5/4), terjadi kenaikan hingga +120% dari rerata konsumsi harian, sedangkan untuk arus balik pada H+5 lebaran (15/4) mengalami kenaikan sebesar +48%. Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Kulonprogo menjadi lokasi dengan konsumsi terbesar.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut