get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Registrasi Jalur SNBP Unsoed Mulai Jumat Hari Ini

Kenaikan UKT yang Menjulang di Unsoed, Ratusan Mahasiswa Geruduk Rektorat dan Sempat Memanas

Jum'at, 26 April 2024 | 19:36 WIB
header img
Naiknya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang menjulang tinggi direspons keras mahasiswa. (Foto: iNewsPurwokerto)

Dia menjelaskan bahwa pembiayaan kuliah di Unsoed berasal dari beberapa sumber, termasuk dari pemerintah, mitra, dan juga masyarakat melalui UKT.

Menurutnya, sistem pembiayaan UKT di Unsoed masih mengacu pada aturan tahun 2012. Namun, berdasarkan surat dari kementerian, perlu dilakukan penyesuaian Biaya Kuliah Tunggal (BKT).

Rektor menjelaskan bahwa UKT ditentukan berdasarkan berbagai variabel, seperti proses pendidikan, metode, dan akreditasi program studi. Namun, pengalaman di lapangan mempengaruhi besaran UKT yang berbeda-beda, dengan tingkatan dari level 1 hingga level 8.

Pembiayaan UKT, menurut Rektor, dipengaruhi oleh dua komponen utama, yaitu pendapatan orangtua dan jumlah tanggungan keluarga.

Terkait keluhan besaran UKT yang dirasa tidak sesuai dengan kondisi riil, Rektor mengharapkan agar mahasiswa memasukkan data sesuai dengan persetujuan orangtua.

Menanggapi pernyataan Rektor, seorang calon mahasiswa baru asal Fakultas Pertanian, Aisyah, mengeluhkan besaran UKT yang harus dibayarnya. Meskipun pekerjaan orang tuanya hanya sebagai buruh dan pedagang, ia harus membayar UKT golongan 4.

Aisyah juga menyesalkan bahwa besaran UKT tidak diumumkan sebelum Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut