Bantu Penyembuhan Pasien Covid-19, UMP Berikan Bantuan Plasma

Aryo Rizqi
.
Rabu, 28 Juli 2021 | 20:13 WIB
Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerja sama dengan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dan PMI Kabupaten Banyumas dalam membantu pemerintah dalam menangani pandemi covid-19.

PURWOKERTO, iNews.id - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerja sama dengan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dan PMI Kabupaten Banyumas dalam membantu pemerintah dalam menangani pandemi covid-19 dengan menggelar webinar bertajuk “Plasma UMP Untuk Indonesia”. 

Acara yang dihadiri langsung oleh Rektor UMP Jebul Suroso, Kepala PMI Kabupaten Banyumas dan Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono. Kepala UDD PMI Kabupaten Banyumas dr. Ivonne Rusyandari dan Ketua Satgas Covid-19 UMP Umi Solikhah, ini dilaksakanakan secara daring melaui zoom meeting, Rabu (28/7/2021). 

Rektor UMP Jebul Suroso menyampaikan, ihktiar dan komitmennya dalam menjalankan fungsi kemanusiaan di bawah panji-panji besar Muhammadiyah dalam membantu pemerintah menanggulangi covid-19.

“Sejak awal terjadinya pandemi covid langkah kebijakan kita sudah jelas yaitu support upaya pemerintah terkait dengan Penanganan dan juga pencegahan perluasan pandemi covid 19. Otomatis ini menjadi komitmen kita, komitmen kami selaku pengelola amal usaha persyarikatan Muhammadiyah,” jelasnya.  

Rektor juga berterimakasih atas kerjasama yang sangat baik dengan pemerintah Kabupaten Banyumas termasuk didalamnya dengan PMI untuk proses melakukan langkah kemanusiaan antara lain dengan penerjunan mahasiswa dan juga dosen menjadi tim relawan. 

“Baik relawan covid, maupun relawan vaksinasi pendirian rumah sakit darurat Covid, pendirian tempat karantina di daerah Purwokerto Timur menggunakan Hotel, pembagian paket sembako untuk yang memerlukan bagi saudara-saudara kita yang terdampak covid,” jelasnya. 

Rektor juga mengatakan langkah selanjutnya dalam peran serta UMP membantu penanganan covid-19 dengan memberikan bantuan plasma darah untuk membantu proses pemnyumbuhan dan pengobatan pasien covid-19. 

“UMP termasuk yang terdampak covid-19 ada dari para pegawai kami yang terkena covid-19 dan alhamdulillah sebagian besar telah sembuh dan telah menyelesaikan masa isolasi dan semua nya betul-betul pulih sehingga bisa bergabung menjadi pendonor plasma.

Sementara itu, Kepala PMI Kabupaten Banyumas Sadewo Tri Lastiono melalui Dibyo Yuwono menyampaikan, apresiasi kepada UMP dalam melaksanakan rangakaian kegiatan kemanusiaan guna membantu mempercepat penanganan Pandemi Covid-19.

“Beberapa hari yang lalu UMP telah menyediakan rumah sakit darurat covid-19 untuk membantu dalam penanganan pandemi covid-19 di Kabupaten Banyumas dan sekaligus akan mengadakan vaksinasi secara masal. Rekan- rekan di UMP berencana akan memberiikan plasmanya untuk saudara kita yang masih berjuang melawan covid-19. Untuk itu apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak Rektor UMP dan segenap civitas akademika yang selalu membantu tugas-tugas kemanusiaan dalam penanganan covid 19,” pungkasnya.

 

 

Editor : Aryo Arbi
Bagikan Artikel Ini