get app
inews
Aa Read Next : Tular Nalar dan Ilmu Komunikasi Unsoed Gelar Edukasi Pengindraan Hoaks untuk Gen Z

Sederet Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, Bisa Jadi Content Creator hingga Jurnalis

Sabtu, 19 Februari 2022 | 18:57 WIB
header img
Prospek kerja dari lulusan ilmu komunikasi juga sangat menjanjikan. Ini deretan pekerjaan untuk lulusan ilmu komunikasi.. Foto Ilustrasi/Ist

• Jurnalis atau Reporter

Ilmu komunikasi lekat dengan mata kuliah yang bersinggungan dengan dunia jurnalistik. Mahasiwa ilmu komunikasi memperoleh pelajaran mengenai cara menulis artikel dan memproduksi berita. Tak hanya itu, di jurusan ini juga akan diajarkan cara berkomunikasi yang baik, yang secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan komunikasi maupun keterampilan menulis.

Kedua kemampuan inilah yang diperlukan untuk menjadi jurnalis atau reporter. Lulusan ilmu komunikasi dapat bergabung dengan perusahaan media dan memulai kariernya sebagai jurnalis.

• Bidang Periklanan

Bidang pekerjaan yang dapat digeluti oleh lulusan ilmu komunikasi adalah periklanan. Kegiatan periklanan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk mengenalkan citra suatu merek produk.

Untuk memproduksi sebuah iklan, diperlukan kemampuan komunikasi yang baik agar para calon konsumen tertarik dengan produk yag ditawarkan. Iklan yang efektif menjadi penentu dalam suksesnya promosi produk.

• Penulis

Kemampuan merangkai kata dan informasi yang didapatkan saat kuliah di program studi ilmu komunikasi membuat lulusannya sangat cocok untuk menjadi seorang penulis. Banyak bidang penulisan yang bisa dipilih, mulai dari penulis bidang akademis, bisnis, hingga penulis kreatif.

Menjadi seorang penulis ini bisa dilakukan di blog maupun media lain dalam bentuk berita, artikel, atau karangan cerita.
 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut