get app
inews
Aa Read Next : Tular Nalar dan Ilmu Komunikasi Unsoed Gelar Edukasi Pengindraan Hoaks untuk Gen Z

Sederet Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, Bisa Jadi Content Creator hingga Jurnalis

Sabtu, 19 Februari 2022 | 18:57 WIB
header img
Prospek kerja dari lulusan ilmu komunikasi juga sangat menjanjikan. Ini deretan pekerjaan untuk lulusan ilmu komunikasi.. Foto Ilustrasi/Ist

JAKARTA, iNews.id - Saat ini hampir seluruh universitas di Indonesia memiliki jurusan ilmu komunikasi. Bahkan jurusan ilmu komunikasi merupakan salah satu program studi favorit di setiap universitas.

Terlebih di universitas-universitas negeri yang peminatnya bisa mencapai hingga ribuan orang, sementara kapasitas yang diterima jurusan ini hanya puluhan orang.

Artinya jurusan ini salah satu jurusan penting di dunia kerja maupun bagi kehidupan bermasyarakat. Lalu bagaimana prospek kerja lulusan ilmu komunikasi? 

Prospek kerja dari lulusan ilmu komunikasi juga sangat menjanjikan. Ini deretan pekerjaan untuk lulusan ilmu komunikasi.

• Public Relations atau Humas

Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga public relations. Public relations atau yang dikenal juga dengan hubungan masyarakat memiliki tugas membina hubungan yang baik antara perusahaan dan publik.
Selain menyampaikan informasi, humas berperan dalam membangun komunikasi dua arah. Saat kuliah, mahasiswa ilmu komunikasi akan mempelajari hal-hal terkait kehumasan, sehingga dapat memilih pekerjaan ini ketika lulus.

• Content Creator

Di era industri 4.0 ini, perkembangan teknologi semakin canggih. Berbagai platform media sosial juga tersedia dan bisa dimanfaatkan sebagai media untuk memasarkan atau menginformasikan sesuatu. Sebut saja, YouTube, Podcast , Instagram dan lainnya.

Orang yang berperan dalam memproduksi materi informasi di media digital disebut content creator. Lulusan ilmu komunikasi akan sangat mudah menjadi seorang content creator karena saat di kuliah telah terbiasa mencari ide lalu menuangkannya menjadi tulisan, entah itu tulisan di bidang jurnalistik, periklanan, atau kehumasan.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut