get app
inews
Aa Read Next : Mengapa Ketua Bawaslu Banyumas tak Jadi Ikut Kontestasi Pilkada? Ini Alasannya

Kemendikbudristek Bakal Gelar Keroncong Svaranusa 2024 di Pantura dan Banyumas, Catat Tanggalnya

Kamis, 30 Mei 2024 | 17:00 WIB
header img
Ilustrasi Musik Keroncong. Foto: Instagram @keroncongasri

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id – Perhelatan Keroncong Svaranusa 2024 bertema “Bhinneka Tunggal Irama, Ora Keroncong Ora Kepenak” bakal digelar oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek. Gelaran Keroncong Svaranusa 2024 ini diadakan di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Rencananya, kegiatan perdana Keroncong Svaranusa 2024 ini akan dimulai Sabtu, 1 Juni 2024, di Limited Cafe, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Lalu puncak acara Keroncong Svaranusa 2024 bakal digelar Sabtu, 29 Juni 2024 mendatang di Menara Teratai Kabupaten Banyumas, dengan menyasar komunitas musisi keroncong di Pantura serta Kabupaten Banyumas dan sekitarnya.

Menurut Direktur Perfilman, Musik, dan Media Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra mengatakan jika musik keroncong telah melekat sejak dahulu sebagai bagian khazanah seni bernilai tinggi. Musik keroncong pun tumbuh berkembang dalam masyarakat Indonesia.

Mahendra mengatakan, sebagai bagian seni musik yang muncul dari kearifan lokal, maka keroncong pun ikut memperkaya kebudayaan nasional. Maka dari itu, Kemendikbudristek berkomitmen untuk terus menjaga dan mengembangkan industri musik keroncong.

“Tentu saja dalam hal ini mendorong kreativitas karya para seniman keroncong. Pemberdayaan seniman keroncong amat penting agar kebudayaan tetap hidup sekaligus mensejahterahkan mereka,” kata Mahendra dalam keterangannya (30/5/2024).

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut