get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Unsoed Ciptakan Permainan Cegah Stunting, Raih Medali Emas Kompetisi Internasional

Hebat, Delegasi Unsoed Raih Medali Emas Taklukkan 700 Tim 15 Negara Ajang WYIE Malaysia

Minggu, 02 Juni 2024 | 15:35 WIB
header img
Hebat, Delegasi Unsoed Raih Medali Emas Taklukkan 700 Tim 15 Negara Ajang WYIE Malaysia. Foto: Dok Humas Unsoed

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Delegasi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah berhasil meraih prestasi Internasional dalam ajang World Young Inventors Exhibition (WYIE) di Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC) Malaysia. Unsoed Purwokerto berhasil memperoleh medali emas pada kategori Enivornment di perlombaan WYIE yang diselenggarakan oleh Malaysian Invention and Design Society (MINDS) Tahun 2024.

Kompetisi tahunan ini sendiri diselenggarakan pada tanggal 16-18 Mei 2024. WYIE Competition adalah kompetisisi inovasi/penemuan yang memiliki tujuan untuk mempromosikan semangat kreativitas dan hasil penemuan para penemu muda.

Tim Unsoed Purwokerto yang diketuai oleh Rafi Triyanto (FT) dan beranggotakan 4 mahasiswa yang diantaranya adalah Anwar Abdur Rosyid (FT), Diva Nurafriani Shafa (FEB), Fitria Intan Tamara (FEB), dan Aulia Juvena Choirunnisa (FEB) mengangkat inovasi berjudul "SWEDS : Sea Waves – Wind Energy Desalination System". Inovasi lingkungan dalam mengatasi krisis air bersih global dengan energi terbarukan dan teknologi berkelanjutan.

Rafi mengatakan, dalam kompetisi ini penilaian dilakukan secara offline judging yang mencakup presentasi, poster, prototype dan video model gagasan selama 2 hari. Dalam kompetisi ini, tim SWEDS Unsoed mempresentasikan gagasannya ini pada both exhibition, di mana both ini juga menerima pengunjung dari berbagai negara.

Setelah melalui sejumlah tahapan dan seleksi penilaian mulai dari pembentukan tim, proses penyusunan gagasan dan karya tulis, pengumpulan abstrak dan video model gagasan SWEDS, serta presentasi pra kompetisi, selama 4 bulan. Tim Unsoed akhirnya berhasil bersaing dengan 700 tim lain dari 15 negara, diantaranya seperti China, Saudi Arabia, Hongkong, Malaysia, Oman Thailand, Indonesia, Taiwan, USA, Korea, Australia, Qatar, Vietnam, UAE, dan Canada.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut