get app
inews
Aa Read Next : Kenali, 5 Daerah Sensitif Ini Merupakan Titik Rangsang Pria

SEXUAL HEALTH: Ini Cara Efektif Terhindar Penyakit Menular Seksual, Nomor 3 Paling Utama

Senin, 21 Februari 2022 | 23:36 WIB
header img
berikut langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari PMS; (Foto Ilustrasi : Wtop)

JAKARTA, iNews.id  - Siapapun tentu tidak ingin terkena infeksi menular seksual atau penyakit kelamin. Sebab ada beberapa penyakit yang bisa ditularkan melalui aktivitas seksual

Sebut saja HIV/AIDS, gonore, sifilis, dan masih banyak lagi. Kebanyakan penyakit ditularkan oleh bakteri. Untuk itu perlu diketahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit kelamin.

Seks yang aman adalah ketika seseorang tahu bagaimana cara yang efektif untuk melindungi diri dan juga pasangannya agar terhindar dari penyakit menular seksual. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit menular seksual (PMS), sebaiknya Anda melakukan hubungan seks yang aman. 

Hubungan seks yang aman meliputi tidak bergonta-ganti pasangan, menggunakan kondom, dan menghindari aktivitas seksual berisiko seperti oral seks. Melansir dari Medical News Today, berikut langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari PMS;

Vaksinasi

Beberapa PMS disebabkan oleh virus. Sebagai contoh, kanker serviks disebabkan oleh virus HPV dan hepatitis B yang disebabkan oleh virus hepatitis. Penyakit yang disebabkan oleh virus sebenarnya bisa dicegah dengan vaksinasi. Maka dari itu, usahakan untuk menerima vaksinasi agar terhindar dari PMS yang disebabkan oleh virus.

Periksa infeksi

Sebelum aktif melakukan hubungan seksual, ada baiknya Anda dan pasangan memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan ini bertujuan untuk melihat apakah Anda atau pasangan memiliki PMS. Sehingga jika ada infeksi bisa segera diobati dan mencegah penyebaran.

Setia

Godaan untuk melakukan hubungan seks memang bisa datang kapan saja. Apalagi jika gairah sedang memuncak. Jika Anda belum punya pasangan, cobalah untuk tidak melakukan aktivitas seks sementara waktu. Sedangkan jika Anda sudah memiliki pasangan cobalah untuk setia. Itu adalah cara paling efektif untuk menghindari diri dari PMS.

Pendidikan seks

Orangtua, sekolah, dan masyarakat perlu memberikan pendidikan mengenai seks kepada anak-anak sedini mungkin agar mereka bisa mencegah dan melindungi diri dari PMS.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut