get app
inews
Aa Read Next : Partai Nasdem Banyumas Pastikan Dukung Sadewo-Lintarti, Siap untuk Memenangkan

Bawaslu Banyumas Dorong Pengawas Pemilu Ikut Program BPJS Ketenagakerjaan

Rabu, 10 Juli 2024 | 12:14 WIB
header img
Bawaslu Kabupaten Banyumas bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto menggelar sosialisasi jaminan tenaga kerja dan perlindungan sosial. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Bawaslu Banyumas mendorong para pengawas di tingkat kecamatan sampai desa untuk ikut perlindungan ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan. Setidaknya para pengawas ikut dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). 

Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Banyumas Rani Zuhriyah bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto menggelar sosialisasi jaminan tenaga kerja dan perlindungan sosial kepada pekerja di Indonesia.

"Sosialisasi ini mengajak segenap pengawas di tingkat kecamatan hingga desa untuk ikut perlindungan ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan. Meski sifatnya mendorong, tetapi ini imbauan yang dikuatkan,"kata Rani di sela-sela sosialisasi pada Selasa (9/7/2024).

Menurutnya, pihaknya meminta kepada pengawas di kecamatan dan desa untuk secara mandiri ikut dalam program BPJS Ketenagakerjaan. "Karena pekerjaan pengawas itu penuh risiko. Umumnya pekerjaan yang kita lakukan di lapangan, sehingga membutuhkan perlindungan,"ujarnya.

Dijelaskan oleh Rani, pekerjaan pengawas dalam proses Pemilu dan Pilkada bisa sewaktu-waktu. "Kalau memang ada pelanggaran, maka petugas pengawas harus turun ke lapangan. Tidak peduli waktunya, mau dinihari, malam, pagi, siang atau sore. Risiko tentu ada, karena pekerjaan lapangan. Sehingga sekali lagi membutuhkan perlindungan,"jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga diharapkan para pengawas di tingkat kecamatan dan desa akan mendaftar supaya terlindungi. "Kita tidak mengharapkan musibah, tetapi jika terjadi apa-apa dan telah ikut BPJS Ketenagakerjaan, tentu akan terlindungi,"tegasnya.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut