get app
inews
Aa Read Next : Israel Tarik Ribuan Tentara di Gaza, AS Tarik Kapal Perang di Laut Mediterania, Sinyal Kalah Perang?

Ini Alasan Turki Tak Dapat Tutup Laut Hitam, Akses Kapal Perang Rusia ke Ukraina

Jum'at, 25 Februari 2022 | 20:13 WIB
header img
Turki tidak dapat memenuhi permintaan Ukraina untuk menutup akses di Laut Hitam dalam rangka menghentikan kapal perang Rusia. (Foto: Reuters)

ANKARA, iNews.id - Permintaan Ukraina untuk menutup akses di Laut Hitam tak dapat dipenuhi oleh Turki, dimana dalam klausul pakta internasional, memungkinkan kapal untuk kembali ke pangkalan mereka. Permintaan Ukraina itu untuk menghentikan akses kapal perang Rusia.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu saat berada di Kazakstan pada Jumat (25/2/2022) mengatakan, negaranya sedang mempelajari permintaan Kiev. Namun demikian, berdasarkan konvensi, Rusia memiliki hak untuk mengembalikan kapal ke pangkalan mereka dalam hal ini melewati Laut Hitam.

Jadi bahkan jika Turki, setelah proses hukum, memutuskan menerima permintaan Ukraina dan menutup selat Laut Hitam untuk kapal perang Rusia, mereka hanya akan dicegah untuk melakukan perjalanan ke arah lain, jauh dari pangkalan mereka ke Mediterania.

"Jika negara-negara yang terlibat dalam perang mengajukan permintaan untuk mengembalikan kapal mereka ke pangkalan mereka, itu harus diizinkan," kata harian Hurriyet mengutip Cavusoglu.

Ukraina telah meminta Turki untuk memblokir kapal perang Rusia melewati selat Dardanelles dan Bosphorus yang mengarah ke Laut Hitam. Permintaan diumumkan setelah Moskow meluncurkan serangan besar-besaran di Ukraina dari darat, udara dan laut pada Kamis (24/2/2022). 

Pasukan Rusia mendarat di pelabuhan Laut Hitam dan Azov Ukraina sebagai bagian dari invasi.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut