get app
inews
Aa Read Next : POG 2024, Cara Puhua untuk Merawat Keberagaman

Aman JKN Pastikan Layanan Administrasi Peserta JKN Purwokerto Nyaman

Jum'at, 02 Agustus 2024 | 15:55 WIB
header img
BPJS Kesehatan tak henti menghadirkan beragam inovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- BPJS Kesehatan tak henti menghadirkan beragam inovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Hal ini seperti yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto dengan meluncurkan Anjungan Mandiri (AMAN) JKN yang telah beroperasi sejak Januari 2024.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto Niken Sawitri mengatakan AMAN JKN dihadirkan sebagai salah satu bentuk terobosan dalam rangka mempermudah dan mempercepat layanan informasi dan administrasi yang diberikan kepada peserta JKN. 

“Dihadirkannya AMAN JKN bertujuan untuk mempermudah peserta karena bisa menyingkat waktu. Peserta jadi tidak perlu antre untuk bertemu dengan petugas di loket,” tutur Niken.

Niken menyampaikan bahwa AMAN JKN memiliki beragam fitur layanan informasi dan administrasi yang dapat dimanfaatkan secara mandiri oleh peserta JKN.

“Jadi untuk jenis layanannya itu banyak. Misalnya peserta datang ke kantor hanya ingin menanyakan status kepesertaannya atau ingin tau tagihan iurannya itu cukup diselesaikan dengan AMAN JKN,” ucapnya.

AMAN JKN merupakan perangkat anjungan mandiri dengan teknologi Face Recognition (FR) yang memuat portal BPJS Kesehatan untuk melihat data peserta dan informasi terkait Program JKN. Terdapat enam fitur utama dari AMAN JKN yakni cek Status Peserta, Tagihan Iuran, Virtual Account, Info JKN, Cari Lokasi, dan Perubahan Data.

Peserta JKN dapat memanfaatkan fitur yang tersedia di AMAN JKN hanya dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan kemudian melakukan verifikasi pengenalan wajah. Kemudahan dalam mengakses AMAN JKN juga dijelaskan lebih lanjut oleh Niken.

“Cara menggunakannya cukup mudah. Peserta yang datang nanti akan diarahkan oleh petugas. Peserta tinggal memasukan NIK nanti tinggal pilih layanan yang akan digunakan,” ujar Niken.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut