get app
inews
Aa Read Next : Atlet Menembak Banyumas Athary Zahraa Raih Perak PON 2024

Peparpeda Jateng, Banyumas Sabet 2 Emas, 1 Perak dan 4 Perunggu 

Jum'at, 16 Agustus 2024 | 09:08 WIB
header img
Peparpeda tingkat Jawa Tengah yang berlangsung di Surakarta dari tanggal 13-15 Agustus 2024 telah berakhir. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpeda) tingkat Jawa Tengah yang berlangsung di Surakarta dari tanggal 13-15 Agustus 2024 telah berakhir. 

Kontingen Kabupaten Banyumas menempati peringkat ke-12 dengan perolehan 2 medali emas, 1 perak, dan 4 perunggu. Posisi ini meningkat dibandingkan Peparpeda tahun 2023, di mana Banyumas berada di posisi ke-23 dengan perolehan 2 medali perak.

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Banyumas, Suwondo, mengatakan bahwa Banyumas diperkuat oleh 13 atlet yang berlaga di tiga cabang olahraga: atletik, renang, dan tenis meja. Peparpeda Jateng 2024 mempertandingkan empat cabang olahraga, yaitu atletik, renang, tenis meja, dan bulu tangkis.

“Banyumas menurunkan para atlet di cabang atletik sebanyak 9 atlet, yaitu Adam Budi Mulia dari SMP Permata Hati Purwokerto, Alif Ramadhani dari SMK Taruna Bakti Baturraden, Kirania Azna Maulida dari SMPN 2 Ajibarang, Lintang Zahrani Fauziah dari SLB-B Yakut Purwokerto, Muhammad Rizal Prihatna dari SLB ABCD Kuncup Mas, Najib Abdul Rohman dari SMA Negeri 4 Purwokerto, Reinata Ais Sheila Putri dari SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, Ridho Ramadhan dari SMP Permata Hati Purwokerto, dan Yusuf Maulana dari SMPN 2 Kembaran,” katanya.

Kemudian, cabang renang mengirimkan 3 atlet, yaitu Dede Saefudin dari Pelatda PAUD NPCI Jateng yang bersekolah di SMA Muhammadiyah Sukoharjo, Nauval Alfarizi dari SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, dan Satrio Wicaksono dari SLB Yakut B Purwokerto. Cabang tenis meja mengirimkan 1 atlet, yaitu Julungwangi Tri Pradika dari SMP Negeri 2 Jatilawang. Dari 13 atlet yang dikirim, Banyumas berhasil meraih 7 medali: 2 medali emas dari cabang atletik, 1 medali perak dari cabang renang, dan 4 perunggu diperoleh dari cabang atletik, renang, dan tenis meja.

“Dengan perolehan tersebut, Banyumas berada di peringkat 12. Ini lebih baik dibandingkan tahun 2023 yang berada di peringkat 23 dengan 2 medali perak. Tahun depan, kita targetkan masuk 10 besar,” lanjut Wondo.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut