get app
inews
Aa Read Next : Sambut HUT RI, Daop 5 Purwokerto Laksanakan Sosialisasi Keselamatan Perjalanan KA 

Rail Clinic Hadir di Stasiun Karangsari, Laksanakan Bakti Sosial

Rabu, 28 Agustus 2024 | 20:52 WIB
header img
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto kembali melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan lewat Rail Clinic. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto kembali melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui Bakti Sosial Rail Clinic (Kereta Kesehatan). 

Program ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan, pengobatan gratis, dan edukasi kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya mereka yang tinggal di sekitar jalur rel kereta api atau yang sulit mengakses fasilitas kesehatan. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-79 KAI yang puncaknya akan diadakan pada 28 September 2024.

Vice President Daop 5 Purwokerto, Gun Gun Nugraha bahwa bakti sosial Rail Clinic ini digelar kembali setelah terakhir kali dilaksanakan di Stasiun Prupuk tahun lalu. "Rail Clinic hadir di Stasiun Karangsari untuk memberikan pelayanan kesehatan, pengobatan gratis, serta edukasi kesehatan dan keselamatan kepada masyarakat di sekitar stasiun tersebut," ujarnya pada Rabu (28/8/2024).

Gun Gun menjelaskan bahwa Rail Clinic merupakan kereta kesehatan yang dibuat untuk memberikan pelayanan dan nilai tambah kepada masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang kesehatan, dengan memanfaatkan jalur kereta api untuk menjangkau daerah yang sulit diakses oleh kendaraan bermotor. Rail Clinic ini juga merupakan salah satu bentuk program TJSL KAI.

Pada kegiatan di Stasiun Karangsari kali ini, Daop 5 Purwokerto menggunakan Rail Clinic Generasi ke-4, yang terdiri dari empat kereta diesel. 

Dua kereta berfungsi sebagai Rail Clinic, sementara dua kereta lainnya berfungsi sebagai Rail Library atau Kereta Pustaka.

Di dalam kereta Rail Clinic, terdapat beberapa ruang kesehatan, termasuk ruang pemeriksaan gigi, ruang kebidanan dengan alat USG, ruang laboratorium sederhana, ruang pemeriksaan mata, serta apotek. 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut