get app
inews
Aa Read Next : 11 Mahasiswa Unsoed Belajar Satu Semester di LN, Ada yang di Spanyol, Irlandia hingga Rusia 

Unsoed Latih Pembatik Pelajar, Pemkab Banjarnegara Didorong Bantu Pemasaran

Rabu, 02 Maret 2022 | 07:58 WIB
header img
Pelatihan membatik oleh Unsoed Purwokerto

BANJARNEGARA, iNews.id - Tim Riset Keilmuan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melalui Program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2022 melakukan riset dan pelatihan membatik bagi para pelajar. Tujuannya supaya kearifan dan potensi lokal membatik khususnya Banjarnegara tidak punah. 

Tim melakukan pelatihan kepada lima kelompok pelajar perwakilan dari empat sekolah di Kecamatan Purwareja Klampok dan Kecamatan Susukan. Selain itu juga   ada sejumlah mahasiswa Unsoed dilibatkan dalam kegiatan yang berlangsung sejak awal Februari hingga akhir Februari 2022. 

Harapannya, para pembatik usia tua di sentra Batik Banjarnegara yang banyak ditemui di Kecamatan Susukan, dapat diteruskan oleh generasi muda, khususnya dalam promosi pemasaran produk batik dengan dukungan teknologi digital.

“Dengan dukungan teknologi digital, dan dukungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, diharapkan potensi batik Banjaregara ke depannya bisa berkembang," ujar Ketua Tim Program Riset Keilmuan-Model Pemberdayaan Kewirausahaan Sosial Perajin Batik Berbasis Kearifan Lokal dan Teknologi Digital bagi Generasi Muda, Dr Adhi Iman Sulaiman pada Selasa (1/3/2022).

Adhi Iman sebagai Ketua Tim Riset  menyatakan bahwa program riset keilmuan ini didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2022, dan melibatkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsoed. Sebagai anggota tim, Dr Toto Sugito dan Dr Shinta Prastyanti, MA yang melibatkan 4 mahasiswa S1 Ilmu komunikasi dan 2 Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut