get app
inews
Aa Read Next : 2.307 Siswa SD di Kebumen Peroleh Beasiswa Rp400 Ribu Tiap Bulan

Petani di Kebumen Dapat BLT Senilai Rp1,2 Juta

Jum'at, 13 September 2024 | 08:04 WIB
header img
Pemkab Kebumen menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para petani dan buruh tani tembakau. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Pemkab Kebumen menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para petani dan buruh tani tembakau. Kali ini, sebanyak 1.500 penerima mendapatkan bantuan sebesar Rp1,2 juta per petani.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kebumen, Dwi Suliyanto, mewakili Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang berhalangan hadir, dalam sebuah acara di Pendopo Kantor Kecamatan Karangsambung, baru-baru ini.

Bantuan ini berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2024, yang ditujukan khusus untuk petani dan buruh tani tembakau di wilayah Kebumen.

“BLT ini diberikan kepada para petani dan buruh tani tembakau dengan nilai Rp1,2 juta per orang. Total penerima sebanyak 1.500 orang dengan total anggaran sebesar Rp1,8 miliar,” ujar Dwi.

Selain itu, pada Perubahan APBD Tahun 2024, Kabupaten Kebumen mendapat tambahan alokasi anggaran untuk BLT DBHCHT bagi 800 penerima dari kalangan buruh pabrik rokok dan petani tembakau. Bantuan ini berlaku untuk dua bulan dengan total Rp600.000 per penerima.

Bantuan disalurkan secara bertahap dalam bentuk uang tunai melalui PT Pos Indonesia Cabang Kebumen. Dwi berharap bantuan ini dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan para petani dan buruh tani tembakau di Kebumen.

“BLT ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok, sekaligus meningkatkan semangat mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” tambah Dwi.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut